Pemudik gunakan Tol via Masgar Pesawaran

id arus balik, idul fitri, pintu tol masgar, jalur fungsional tol

Pemudik gunakan Tol via Masgar Pesawaran

Sebagian kendaraan arus balik diarahkan masuk Tol Sumatera di depan Terminal Metan Subing Terbanggi Besar dan pintu Tol Terbanggi Besar (Foto: Antara Lampung/Edy Supriyadi)

Pesawaran, Lampung  (Antaranews Lampung) - Arus balik pemudik yang melintasi jalan lintas timur dan tengah Sumatera diarahkan menggunakan jalan tol Trans Sumatera via pintu keluar tol Masgar, Pesawaran, guna mengantisipasi kemacetan.

Berdasarkan pantauan, di exit tol Masgar, Pesawaran, Rabu, menunjukkan pemudik yang menggunakan kendaraan roda empat dan sepeda motor yang biasa melintasi jalan utama dari arah Lampung Tengah oleh petugas dialihkan ke jalan lintas timur dan tengah Sumatera (JTTS).

Rekayasa lalu lintas itu dilakukan guna mengantisipasi kemacetan di simpang Tegineneng menuju arah Kota Metro dan Kota Bandarlampung.

Jalan dipersimpangan itu terutama pada hari besar keagamaan dipastikan macet dengan antrean bisa mencapai beberapa kilometer, baik dari arah Lampung Tengah maupun Kota Bandarlampung.

Namun, antrean panjang kendaraan juga terjadi saat akan memasuki pintu tol??Masgar. Kemacetan diperparah oleh kendaraan yang menyerobot di bahu jalan.

Kondisi JTTS arah Lampung Tengah menuju Kota Bandarlampung cukup baik, meski belum ada rambu-rambu lalu lintas maupun penerangan.

"Jalan tol fungsional tersebut dapat dilalui pemudik, meski tak ada rambu-rambu lalu lintas dan penerangan jalan," kata Siti, pemudik asal Lampung Tengah.

Ia mengatakan, tol di ruas jalan tersebut untuk antisipasi kemacetan panjang di persimpangan Tegineneng, terutama pada hari libur keagamaan.

"Para pemudik dapat masuk ?jalur alternatif ?masuk pintu keluar tol Masgar, dan akan keluar di Simpang Mandah (dekat kompi bantuan TNI dekat SPBU).

Melalui jalur ini pemudik dapat terhindar kemacetan di Simpang??Tegineneng Kabupaten Pesawaran," ujarnya.

Namun, menurutnya, jarak tempuh tol tersebut hanya beberapa kilometer dan kendaraan kembali dialihkan ke jalan utama.

Sementara kondisi jalan lintas Sumatera di sekitar perempatan Tegineneng, Pesawaran baik arah Kota Bandarlampung maupun Lampung Tengah, padat lancar.