Mirza-Jihan komitmen dukung perbaikan jalan di Lampung

id Pilgub Lampung 2024,Pilkada Lampung 2024,Gubernur Lampung,Mirza-Jihan

Mirza-Jihan komitmen dukung perbaikan jalan di Lampung

Bakal Calon Gubernur Lampung Rahmat Mirzani Djausal (tengah) sedang menjelaskan visi misinya bersama Bakal Calon Wakil Gubernur Lampung Jihan Nurlela (kiri) kepada awak media. Bandarlampung, Selasa (3/9/2024). ANTARA/Dian Hadiyatna.

Lampung banyak jalan yang rusak. Ini yang harus sama-sama dipahami bahwa untuk mengurus jalan itu dibutuhkan anggaran yang tidak sedikit
Bandarlampung (ANTARA) - Bakal Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung Rahmat Mirzani Djausal-Jihan Nurlela berkomitmen untuk mendukung perbaikan jalan di provinsi ini agar lebih bagus ke depan.

"Lampung banyak jalan yang rusak. Ini yang harus sama-sama dipahami bahwa untuk mengurus jalan itu dibutuhkan anggaran yang tidak sedikit," kata Mirzani di Bandarlampung, Selasa.

Menurut dia, dalam 10 tahun terakhir, anggaran yang bisa digunakan oleh Pemerintah Provinsi Lampung untuk urusan infrastruktur, termasuk jalan tidak lebih dari Rp1 triliun. Kondisi ini tidak sebanding dengan ruas jalan di Lampung yang mencapai ribuan kilometer.

"Jadi memang ada kebijakan dari pemerintah pusat, yang mengutamakan anggaran Pemerintah Daerah untuk di kesehatan, pendidikan dan lainnya, sehingga memang untuk Infrastruktur hanya tidak lebih dari Rp1 triliun," kata anggota DPRD Lampung Periode 2019-2024 tersebut.

Padahal, lanjut dia, di provinsi lainnya seperti Banten dan Sumatera Selatan yang jumlah ruas jalannya sama dengan Lampung bisa menggunakan anggaran untuk infrastruktur lebih besar.

"Artinya selain mengandalkan anggaran dari pemerintah pusat, pemerintah daerah juga harus meningkatkan pendapatan asli daerah guna membenahi jalan-jalan rusak tersebut sehingga ekonomi juga dapat tumbuh dan berkembang ke arah yang positif," kata dia.

Pada sisi lain, Mirzani pun menegaskan bahwa untuk Lampung lebih maju, pihaknya akan memanfaatkan momen kepemimpinan Presiden terpilih Prabowo Subianto untuk lebih perhatian ke provinsi ini apabila dirinya dan Jihan Nurlela menjadi Gubernur-Wakil Gubernur.

"Kita sekarang punya Presiden terpilih Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, yang ingin memberikan apresiasi lebih ke Lampung karena lebih 70 persen suara masyarakat Lampung memilihnya. Ini yang akan kami manfaatkan untuk Lampung lebih maju," kata dia.

Rahmat Mirzani Djausal saat ini merupakan Ketua DPD Gerindra Lampung. Pria kelahiran 18 Maret 1980 di Kota Bumi, Lampung Utara ini juga merupakan anggota DPRD Provinsi Lampung periode 2019-2024 dan terpilih kembali pada pemilihan legislatif (Pileg) 2024.

Lulusan S2 Manajemen Universitas Lampung ini pernah aktif dalam berbagai organisasi seperti BPC Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Bandarlampung (2007-2008), BPD HIPMI Lampung (2008–2011), BPP HIPMI (2011–2014), Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Provinsi Lampung (2013–Sekarang) dan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Lampung (2009–2012).

Riwayat organisasi lainnya juga mencakup keanggotaan di Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Provinsi Lampung (2009–2012), KADIN Bandar Lampung, Persatuan Insinyur Indonesia (PII) (2013-2015) Asosiasi Pelaksana Konstruksi Nasional (ASPEKNAS) Provinsi Lampung (2009–2019) serta Asosiasi Aspal dan Beton Indonesia (AABI) Provinsi Lampung (2009–2013).

Rahmat juga turut berkecimpung di dunia olahraga setelah terpilih menjadi Ketua Umum Persatuan Baseball dan Softball Indonesia (Perbasasi) Lampung (2012-2022) dan Ketua Umum Persatuan Golf Indonesia (PGI) Lampung (2023-2027).

Sementara Jihan Nurlela Chalim adalah dokter dan politikus Indonesia yang menjabat sebagai anggota DPD RI daerah pemilihan Lampung periode 2019–2024 yang menjabat sejak 1 Oktober 2019. Ia juga kembali terpilih kembali sebagai anggota DPD RI periode 2024-2029.

Baca juga: KPU Lampung terima berkas pendaftaran pasangan Rahmat Mirza-Jihan Nurlela

Baca juga: Bawaslu berharap tak ada putusan pengadilan di tengah tahapan pilkada

Baca juga: Arinal-Sutono percaya diri maju di Pilgub Lampung hanya dengan PDI-P