Pengunjung Perpustakaan Lampung meningkat signifikan

id Perpustakaan lampung, minat baca lampung, literasi lampung

Pengunjung Perpustakaan Lampung meningkat signifikan

Ilustrasi- Siswi sekolah di Kota Bandarlampung tengah membaca di perpustakaan daerah Lampung. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi

Sebagian besar pengunjung perpustakaan tersebut adalah mahasiswa yang memanfaatkan fasilitas untuk mengerjakan tugas kuliah
Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung menyatakan jumlah pengunjung perpustakaan daerah pada semester pertama 2024 mencapai 19.504 orang atau meningkat tajam dibanding 2023 lalu yang selama setahun tercatat 18.000 orang.
 
"Sebagian besar pengunjung perpustakaan tersebut adalah mahasiswa yang memanfaatkan fasilitas untuk mengerjakan tugas kuliah," kata Kepala Bidang Layanan, TIK Pelestarian dan Kerjasama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung Peri Darmawan di Bandarlampung, Kamis.

Ia menjelaskan, selain mahasiswa, ada juga kunjungan edukasi dari instansi pendidikan yang turut menyumbang jumlah pengunjung selama periode enam bulan pertama 2024 ini.

Rincian kunjungan perpustakaan Lampung yaitu pada triwulan I ada sebanyak 9.217 orang pengunjung. Sedangkan pada triwulan II mencapai 10.287 orang kunjungan.
 
Ia menjelaskan, kunjungan tertinggi terjadi di bulan Maret dimana mencapai 4.260 orang.
 
Dia melanjutkan, kunjungan juga tidak hanya dari masyarakat Provinsi Lampung tetapi ada pula kunjungan dari luar daerah.
 
"Biasanya kalau anak PAUD atau taman kanak-kanak sembari kunjungan edukasi sambil meminjam buku. Dan di sini fasilitasnya juga sudah disiapkan untuk mendukung pelajar atau mahasiswa mengerjakan tugas akhir," tambahnya.
 
Dan pada 2024 ini telah ditargetkan akan ada peningkatan jumlah anggota untuk pengguna kartu Sakti sebanyak 2.000 orang.
 
Ia menjelaskan, jumlah anggota perpustakaan yang belum terintegrasi dalam kartu Sakti selama periode 2014 sampai Januari 2024 ada sebanyak 17.158 orang anggota.
 
Selain itu perpustakaan daerah Lampung selain meningkatkan fasilitas bagi peningkatan pengunjung, juga tengah memaksimalkan operasional perpustakaan keliling untuk meningkatkan minat baca masyarakat.