Pemkot Metro raih UHC Award kategori utama

id UHCaward,Metro,Wahdi

Pemkot Metro raih  UHC Award kategori utama

Wali Kota Metro, Wahdi Siradjuddin bersama Kadiskes Eko Hendro S menunjukkan penghargaan UHc Award. (ANTARA/Istimewa)

Metro (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Metro meraih penghargaan Universal Health Coverage (UHC Award) Tahun 2024. Penghargaan bergengsi ini diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin kepada Wali Kota Metro, Wahdi Siradjuddin di Krakatau Grand Ballroom, TMII, Jakarta Timur, Kamis (8/8). 

Dalam penghargaan ini, Kota Metro merupakan satu-satunya daerah di Provinsi Lampung yang mendapat penghargaan kategori utama. 

Dalam penilaian UHC Award ini Kota Metro telah mencapai 102,82 persen dari total penduduk. Pencapaian ini bukan hanya tentang jumlah kepesertaan, tetapi juga memastikan seluruh penduduk terlindungi oleh jaminan kesehatan.

Wali Kota Metro, Wahdi Siradjuddin mengatakan, penghargaan ini juga merupakan hasil kolaborasi yang baik antara Pemkot Metro dan juga BPJS Kesehatan. 

"Iya alhamdulillah kita meraih penghargaan UHC Award kategori utama. Penghargaan ini juga berkat kerja sama yang solid antara Pemkot Metro dan BPJS Kesehatan," ucapnya. 

Dia menjelaskan, penghargaan ini menunjukkan komitemen kuat Pemkot Metro dalam memberikan perlindungan kesehatan yang optimal bagi seluruh masyarakat. 

"UHC ini sangat penting untuk memastikan bahwa setiap orang terlindungi oleh program JKN sehingga dapat memperoleh layanan kesehatan yang berkualitas," katanya.

"Dalam mencapai UHC, melibatkan berbagai upaya yang signifikan seperti menjangkau semua masyarakat dan memastikan pengelolaan Program JKN dalam rangka keberlanjutan finansial,” imbuhnya.

Untuk itu, lanjut Wahdi, Pemkot Metro terus mendorong agar setiap penduduk yang berada di kota setempat terdaftar sebagai peserta aktif dalam program JKN.

Wahdi menambahkan, kedepan pihaknya akan terus berkomitmen dalam meningkatkan layanan kesehatan dan menjamin kesejahteraan masyarakat.

"Kita akan upayakan semaksimal mungkin agar pelayanan kesehatan kepada masyarakat agar lebih baik. Agar derajat kesehatan masyarakat juga semakin baik sesuai visi Metro sebagai kota sehat," tandasnya.