Lelang jersi Marselino tembus Rp55 juta

id Sepak bola,Timnas Indonesia,Marselino Ferdinan,jersi,lelang jersi

Lelang jersi Marselino tembus Rp55 juta

Poster lelang amal jersi timnas Indonesia milik Marselino Ferdinan. ANTARA/HO-SJC

Surabaya (ANTARA) - Kegiatan lelang amal komunitas pengoleksi jersi sepak bola, Surabaya Jersey Community (SJC), bersama Komunitas Pangkas Rambut Surabaya dan pemain tim nasional Indonesia Marselino Ferdinan menghasilkan angka Rp55 juta untuk membantu sekolah dasar yang memiliki siswa dari keluarga membutuhkan.

Founder dan Ketua SJC Yudha Mustopo di Surabaya, Minggu (21/4) malam mengatakan ide lelang amal jersi Marselino, tidak lain hanya ditujukan untuk mendukung dan membantu kebutuhan operasional beberapa sekolah dasar.

Selain itu, kedua belah pihak juga sama-sama memiliki kedekatan dengan Marselino, bahkan keluarganya.

"Akhirnya ide untuk lelang jersi itu benar-benar muncul dan diputuskan jersi yang dilelang ialah jersi timnas Indonesia away yang dipakai saat mengalahkan Vietnam di AFC Asian Cup 2024 di Qatar," ucapnya.

Dalam lelang kali ini, pihaknya memberikan beberapa catatan dengan tetap mengedepankan edukasi.

"Jersi yang dilelang ditampilkan lengkap dengan detail yang komplit, sehingga bisa mengedukasi pencinta jersi terutama pencinta jersi timnas Indonesia pada umumnya," katanya.

Selain itu, pihaknya juga bersinergi dengan kolektor jersi timnas Indonesia (official KJTI) dan Warkop Pitulikur sebagai kolaborator di sosial media agar kegiatan lelang semakin meriah.



"Sembari memperhitungkan waktu yang tepat dan antusiasme para pendukung timnas, akhirnya kami memutuskan lelang dilaksanakan setelah pertandingan kedua (Piala Asia U-23 2024) usai saat timnas Indonesia mengalahkan Australia," ujarnya.

Yudha menjelaskan, proses dari pelelangan yang panjang tersebut akhirnya terbayar karena dapat menyedot animo para pencinta timnas, jersi bola hingga Lino lovers (sebutan fan Marselino).

"Mereka menghiasi kolom komentar dan direct message (DM) kami, yang mungkin random, tapi terasa menghidupkan lelang kali ini," kata Yudha.

Setelah digelar selama dua hari, lanjutnya, tepat satu jam sebelum kick off pertandingan antara Indonesia melawan Yordania, lelang jersi Marselino ditutup.

"Alhamdulillah lelang amal jersi Indonesia milik Marsel ini benar-benar melebihi ekspektasi kami. Harapan dan insyaallah manfaat bagi penerimanya. Untuk pemenangnya yakni @basukisurodjo sebesar Rp55.000.000," tuturnya.

Yudha menambahkan, harapannya makin banyak orang atau komunitas yang semakin peduli dan merawat memorabilia sepak bola lewat jersi.

"Karena merawat memorabilia sepak bola seperti ini, terutama jersi sama berharganya dengan kita merawat sejarah perjalanan timnas Indonesia," ucap pria berumur 40 tahun tersebut.

Oleh karena itu, pihaknya mengajak masyarakat yang gemar mengoleksi jersi sepak bola agar terus merawatnya untuk menambah nilai dari seragam tersebut.

"Mungkin sedikit ajakan bagi teman-teman yang gemar mengoleksi atau merawat jersi yang dipakai oleh pemain dari era atau generasi sekarang pun, sama serunya dengan saat merawat jersi vintage sekalipun, banyak tantangan dan keseruan yang didapatkan dalam usaha menambah value dari jersi tersebut," ujarnya.