Petugas gabungan gelar aksi bersihkan sampah di pantai Pesisir Barat, Lampung

id Pesisir Barat ,Aksi bersih Pantai ,Sampah pelastik

Petugas gabungan gelar aksi bersihkan sampah di pantai Pesisir Barat, Lampung

Sejumlah anggota Kepolisian Polres Pesisir Barat, Anggota Kodim dan komunitas serta warga melakukan aksi bersih sampah di Pantai Labuhan jukung. (ANTARA/HO/Humas Polres Pesisir Barat)

Pesisir Barat, Lampung (ANTARA) - Personel Kepolisian Polres Pesisir Barat, dan komunitas Krui Kecah Ko, menggelar aksi bersih sampah di sepanjang pantai Labuhan Jukung, Kuala Stabas, Kecamatan Pesisir Tengah pada Jumat.

Kapolres Pesisir Barat AKBP Alsyahendra, saat dihubungi dari Lampung Selatan, Provinsi Lampung, Jumat, mengatakan kegiatan bakti sosial tersebut dalam rangkaian memperingati Hari Bersih-Bersih Dunia atau World Cleanup Day 2024.
 

"Aksi bersih pantai itu melibatkan berbagai pihak, seperti Kodim 0422/LB, instansi Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat, pelajar dari berbagai sekolah, serta masyarakat umum dari berbagai kalangan," kata dia.

Ia menjelaskan dengan adanya sinergi antara semua pihak, kegiatan itu diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian pantai, serta mengurangi dampak negatif sampah plastik terhadap lingkungan.

Menurutnya, World Cleanup Day 2024 ini menjadi momentum penting bagi warga Pesisir Barat untuk terus berkomitmen dalam menjaga keindahan dan kebersihan pantai, yang tidak hanya sebagai objek wisata, namun juga warisan bagi generasi mendatang.
 

"Iya, aksi ini bertujuan untuk menjaga kelestarian lingkungan, khususnya di area pantai, dari sampah plastik yang menjadi ancaman besar bagi ekosistem laut," katanya.

Kapolres mengatakan dalam kegiatan tersebut, setiap peserta yang hadir diwajibkan membawa dan mengumpulkan sampah plastik ke dalam karung, yang kemudian akan diangkut menggunakan truk sampah yang telah disediakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Pesisir Barat dan komunitas Krui Kecah Ko.

"World Cleanup Day merupakan gerakan global yang melibatkan jutaan relawan di seluruh dunia untuk membersihkan sampah di berbagai lokasi, dengan tujuan menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat," ujarnya.

Kabupaten Pesisir Barat menjadi salah satu daerah yang ikut ambil bagian dalam gerakan internasional ini, sebagai bentuk komitmen untuk menjaga kelestarian alam dan lingkungan.

"Kegiatan ini diharapkan dapat membantu meringankan beban kebersihan pantai, yang merupakan ikon wisata andalan Kabupaten Pesisir Barat. Kami melakukannya dengan penuh keikhlasan agar apa yang kami lakukan ini menjadi nilai ibadah," ujar dia.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Petugas gabungan gelar aksi bersihkan sampah di pantai Pesisir Barat