Desa Kelawi, Lampung Selatan raih penghargaan Desa Hijau pada Nugraha Desa BRILiaN

id lampung, lampung selatan, kalainda, bakauheni, desa kelawi, bri

Desa Kelawi, Lampung Selatan raih penghargaan Desa Hijau pada Nugraha Desa BRILiaN

Desa Kelawi Raih Penghargaan Kategori Desa Hijau pada Malam Puncak Nugraha Desa BRILiaN (ANTARA/HO-BRI)

Program Desa BRILiaN ini adalah contoh nyata komitmen BRI sebagai perusahaan BUMN dalam menerapkan economic value dan social value secara bersamaan, jelas Sunarso
Bandarlampung (ANTARA) - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, menggelar malam puncak Nugraha Karya Desa BRILiaN tahun 2023, yang dilaksanakan pada 10 Januari 2024 lalu, di Menara BRILiaN, Jakarta.

Dari malam puncak Nugraha Desa BRILiaN tersebut, Desa Kelawi, Kecamatan Bakauheni, Lampung Selatan meraih penghargaan sebagai Desa Hijau dalam pengelolaan bank sampah yang bekerja sama dengan BRI Unit Bakauheni Branch Office Kalianda Regional Office Bandarlampung.

Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan Desa BRILiaN merupakan program pemberdayaan desa yang bertujuan menghasilkan role model dalam pengembangan desa yang diinisiasi BRI sebagai bentuk agent of development dalam mengembangkan desa. Hingga akhir tahun 2023 tercatat terdapat 3.178 desa yang telah mendapatkan pemberdayaan Desa BRILiaN.

”Program ini diawali sejak tahun 2020 yang tidak lepas dari strategi perseroan untuk lebih dalam mengenal potensi wilayah dan merupakan salah satu bagian dari integrasi aktivitas pemberdayaan dan eksistensi Mantri BRI serta inisiatif-inistiatif lainnya yakni klaster usaha binaan BRI, pasar.id, serta Hyperlocal Ecosystem yang merupakan suatu bentuk Ekosistem Konsolidasi Mikro,” ujarnya, dalam keterangan tertulis, beberapa waktu lalu.

Sunarso menambahkan dalam menjalankan bisnisnya BRI akan terus menciptakan value, baik dalam hal mengcreate economic value dan juga social value secara keseluruhan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui berbagai program pemberdayaan serta pendampingan.

Sunarso menegaskan program Desa BRILiaN ini merupakan contoh dan fungsi peranan yang unik, dimana dalam satu program, dua tujuan terpenuhi, yakni menumbuhkan economic value, sekaligus social value.

“Program Desa BRILiaN ini adalah contoh nyata komitmen BRI sebagai perusahaan BUMN dalam menerapkan economic value dan social value secara bersamaan, sehingga tidak perlu dipertentangkan, dengan kemampuan BRI menavigasi tantangan dengan baik maka tujuan perusahaan dapat tercapai dengan baik,” jelas Sunarso.

Ini adalah kali ketiga program Nugraha Karya Desa BRILiaN dilaksanakan sejak pertama di tahun 2021, dengan agenda mencakup 'Bincang Desa BRILiaN', sebuah diskusi interaktif yang membahas Desa-Desa BRILiaN dalam mengoptimalkan kekuatan potensi, inovasi untuk menggerakkan roda perekonomian desa melalui kepemimpinan yang kuat, semangat transformasi desa melalui sinergi inovasi dan digitalisasi, dilanjutkan dengan "Malam Puncak Nugraha Karya Desa BRILian".

Untuk diketahui, Juara Nasional Desa BRILiaN akan mendapatkan bantuan sarana prasarana pengembangan desa dari BRI. Rinciannya, Juara 1 mendapatkan hadiah senilai Rp1 miliar, Juara 2 Rp750 juta, dan Juara 3 Rp500 juta.

Adapun juara harapan 1 dan 2 masing-masing mendapatkan hadiah sebesar Rp300 juta. Sementara, Desa Hijau, Desa Tata Kelola terbaik, Pengembangan Wirausaha terbaik, serta Desa Inovatif dan Digitalisasi Terbaik masing-masing mendapatkan hadiah sebesar Rp 200 juta.

Tidak hanya itu, BRI juga memberikan penghargaan khusus untuk desa potensial wilayah barat, tengah, dan timur. Masing-masing desa akan mendapatkan apresiasi senilai Rp100 juta.

Dalam rangkaian Nugraha Karya Desa BRILiaN 2023, BRI juga menghadirkan kegiatan bertajuk Bincang Desa BRILiaN.