Pemprov Lampung tingkatkan investasi maksimalkan serapan tenaga kerja

id Investasi lampung, Pemprov Lampung, penyerapan tenaga kerja, ekonomi Lampung

Pemprov Lampung tingkatkan investasi maksimalkan serapan tenaga kerja

Ilustrasi - Seorang tenaga kerja tengah menjalankan aktivitasnya di salah satu pabrik pakan ternak asal luar negeri yang menanamkan investasinya di Provinsi Lampung. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi

Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung berupaya meningkatkan investasi di daerahnya untuk memaksimalkan penyerapan tenaga kerja lokal.
 
"Banyaknya investasi yang masuk ke Provinsi Lampung ini dapat membuka peluang banyak lapangan kerja baru, sehingga banyak menyerap tenaga kerja lokal di sini," ujar Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto berdasarkan keterangannya di Bandarlampung, Kamis.
 
Karena itu, katanya lagi, pemerintah daerah setempat berupaya untuk terus meningkatkan investasi di daerah dengan mempermudah perizinan dan mempercepat pengurusan.
 
"Terlebih lagi dengan adanya dukungan infrastruktur yang mengalami kemajuan cukup signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Dan Provinsi Lampung memiliki posisi yang strategis sebagai pintu gerbang Pulau Sumatera dan dengan jarak tempuh singkat dari DKI Jakarta sangat berpeluang untuk mendapatkan investasi lebih banyak," katanya pula.
 
Dia menjelaskan dengan banyaknya tenaga kerja lokal yang terserap, maka angka pengangguran di Provinsi Lampung akan menurun.
 
"Kita harus memperhatikan benar-benar investasi yang masuk, dan berapa tenaga kerja yang bisa ditampung. Dan industri yang masuk ini diharapkan juga bisa mengolah produk-produk yang dihasilkan oleh masyarakat lokal," ujarnya lagi.
 
Menurut dia, dengan meningkatnya investasi dapat berpengaruh besar terhadap pertumbuhan serta pembangunan ekonomi di daerah.
 
"Investasi ini menjadi penggerak roda perekonomian yang akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, membuka lapangan kerja, memberikan nilai tambah, sekaligus memberikan keuntungan bagi investornya. Jadi semua pihak harus berupaya membangun Lampung menjadi daerah yang ramah investasi," kata dia lagi.
 
Realisasi investasi Provinsi Lampung pada 2023 mencapai Rp10,89 triliun, yang terdiri dari penanaman modal asing sebesar Rp3,26 triliun, dan penanaman modal dalam negeri sebesar Rp7,63 triliun.

Investasi di 2023 meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang realisasi investasinya hanya Rp9,3 triliun dari target Rp11 triliun.
 
Dengan realisasi investasi sebesar Rp10,89 triliun di 2023 telah menyerap tenaga kerja sebanyak 15.906 orang pekerja asal dalam negeri atau tenaga kerja Indonesia untuk pengerjaan 2.825 proyek penanaman modal dalam negeri. Penyerapan 3.182 tenaga kerja Indonesia dan 30 tenaga kerja asing selama 2023 untuk pengerjaan 372 proyek penanaman modal asing.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemprov Lampung tingkatkan investasi maksimalkan serapan tenaga kerja