31.071 wisatawan berkunjung ke Pesisir Barat saat libur Tahun Baru

id Pesisir Barat ,Jumlah kunjungan ,Wisatawan

31.071 wisatawan berkunjung ke Pesisir Barat saat libur Tahun Baru

Suasana sejumlah wisatawan memadati pantai Labuhan Jukung Pesisir Barat Lampung. (ANTARA/Riadi Gunawan)

Wisata yang menjadi tujuan utama berlibur ke Pesisir Barat yakni Pantai Labuhan Jukung, Pantai Mandiri, Pantai Walur, dan Pulau Pisang, kata dia

Pesisir Barat (ANTARA) - Jumlah kunjungan wisatawan yang berlibur di Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung, mencapai 31.071 orang saat libur Natal dan Tahun Baru 2024.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pesisir Barat, I Nyoman Setiawan, saat dihubungi dari Lampung Selatan, Jumat, mengatakan pihaknya telah mencatat jumlah kunjungan wisatawan pada bulan Desember 2023 mencapai puluhan ribu pengunjung.

"Untuk jumlah kunjungan wisatawan pada saat libur Natal dan Tahun Baru terhitung sejak 18 Desember 2023 sampai dengan Januari 2024 mencapai 31.071 orang," kata Nyoman.

Ia mengatakan, data jumlah pengunjung tersebut dihimpun dari pos pantau Natal dan Tahun Baru serta data sesuai dengan tiket retribusi.

Ia juga menjelaskan, wisata pesisir atau pantai memang saat ini menjadi salah satu kunjungan favorit wisatawan yang berlibur ke Pesisir Barat.

"Wisata yang menjadi tujuan utama berlibur ke Pesisir Barat yakni Pantai Labuhan Jukung, Pantai Mandiri, Pantai Walur, dan Pulau Pisang," kata dia.

Kabupaten Pesisir Barat memiliki banyak destinasi wisata yang unik dan menarik. Selain itu, wilayah tersebut juga banyak memiliki hotel dan vila yang langsung menghadap ke pantai.

Pengunjung destinasi wisata di Pesisir Barat didominasi oleh warga sekitar dan wisatawan dari berbagai daerah di Lampung serta dari provinsi lain.

Keindahan pantai di Pesisir Barat memang tidak diragukan lagi, sebab pantainya yang bersih dan ombaknya yang memukau menjadi faktor utama meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan.

Bahkan dengan bagusnya ombak di wilayah itu, Kabupaten Pesisir Barat, setiap tahun menggelar event kejuaraan surfing dunia yang diikuti oleh para atlet surfing Internasional.

Oleh karena itu, kata Nyoman, pihaknya akan terus mempromosikan objek wisata di wilayah tersebut untuk  mengenalkan berbagai objek wisata andalan ke wisatawan asing maupun domestik.

Promosi utama yang dilakukan oleh pihak Dinas Pariwisata untuk membuat wisatawan asing berlibur di Pesisir Barat, yakni dengan mengadakan kegiatan kejuaraan surfing internasional setiap tahun, serta melibatkan PHRI untuk menarik minat wisatawan.