Polda Lampung gelar simulasi Sispamkota hadapi Pemilu 2024

id Lampung,Bandarlampung,Polda Lampung.,Pemilu,Pemilu 2024

Polda Lampung gelar simulasi Sispamkota hadapi Pemilu 2024

Latihan simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) dalam rangka kesiapan pengamanan menghadapi Pemilu 2024 mendatang yang digelar oleh Polda Lampung, Sabtu (14/10/2023). (ANTARA/HO-Polda Lampung)

Bandarlampung (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Lampung menggelar latihan simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) dalam rangka meningkatkan kesiapan pengamanan menghadapi Pemilu 2024.

"Simulasi Sispamkota sebagai wujud kesiapan pengamanan pemilu melibatkan seluruh kekuatan personel Polri, TNI maupun pemerintah daerah," kata Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Umi Fadilah, di Mapolda Lampung, Lampung Selatan, Sabtu.

Ia mengatakan bahwa latihan Sispamkota akan dilaksanakan selama tiga hari mulai dari 14 hingga 16 OktoberOktober,  guna memaksimalkan persiapan personel pengamanan Pemilu Serentak 2024.


"Kegiatan ini juga sebagai rangkaian dari penutupan Latihan Pra Operasi Mantap Brata dimana Sebanyak 573 personel gabungan Polda Lampung, TNI dan unsur pemerintah terkait mengikuti simulasi latihan yang digelar di lapangan Korpri Bandar Lampung," kata dia.

Ia menegaskan, situasi dan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang kondusif merupakan syarat utama dalam menyelenggarakan Pemilu 2024.

"Oleh karena itu, giat tersebut merupakan salah satu upaya penting untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalisme personel Polda Lampung dengan meningkatkan pengetahuan, keterampilan serta kesiapan dalam menghadapi berbagai situasi dan kondisi ke depannya," kata dia.

Ia juga mengatakan bahwa latihan Sispamkota ini dimaksudkan agar para petugas pelaksana pengamanan bisa memahami tugas dan fungsinya saat berada di lapangan pada Pemilu 2024.

",Kami berharap apa pun pilihan masyarakat, walaupun berbeda, namun tetap bisa menjaga keamanan dan kenyamanan bersama dalam menyambut pesta demokrasi 2024 yang akan datang," kata dia.