Pemkot Metro gandeng Bulog gelar bazar bahan pokok murah

id Bahanpokokmurah

Pemkot Metro gandeng Bulog gelar bazar bahan pokok murah

Masyarakat Kota Metro membeli beberapa bahan pokok murah dalam bazar yang diadakan oleh Pemkot Metro bersama Bulog. (ANTARA/Istimewa)

Metro (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Metro melalui Dinas Perdagangan (Disdag) bekerjasama dengan Bulog Subdivre Lampung Tengah melaksanakan bazar bahan pokok murah dalam rangka stabilisasi pasokan dan harga pangan di kota setempat, Jumat (13/10).

Kegiatan yang dilaksanakan di halaman kantor Disdag ini bertujuan untuk memenuhi daya beli masyarakat dan pelaku usaha pangan mikro dan kecil, serta menjaga keterjangkauan konsumen terhadap pangan pokok.

Bahan pokok yang dijual dalam bazar ini diantaranya beras SPHP yang dijual dengan harga Rp.51.000/karung, telur ayam dijual Rp24.000 sampai Rp.30.000/ kg yang disesuaikan dengan jenis telur.

Kemudian, cabai merah Rp.16.000/setengah kilo, cabai rawit Rp.15.000/setengah kg, MinyakKita Rp.13.000, bawang putih Rp.16.000/kg dan bawang merah Rp.8.000/setengah kg.

"Iya tentu kegiatan bazar bahan pokok murah yang dilakukan oleh Disdag bersama Perum Bulog adalah untuk menekan kenaikan harga, khususnya pada beras," kata Sekda Metro, Bangkit Haryo Utomo saat meninjau kegiatan yang dilaksanakan di Halaman Disdag setempat.

Sekda menjelaskan, saat ini harga beras dibeberapa pasar Kota Metro sudah mencapai Rp.12000 sampai Rp.14.000/kg. Sehingga harapannya dengan adanya kegiatan ini, Bulog juga dapat menekan harga beras serta dapat menekan kenaikan inflasi di Kota Metro

Kedepan, lanjut dia, Pemkot Metro bersama Perum Bulog berencana akan melaksanakan kegiatan bazar bahan pokok murah ini di setiap kelurahan yang ada di Bumi Sai Wawai untuk untuk menarik daya beli masyarakat yang lebih banyak lagi.

"Ini sangat diharapkan masyarakat, jadi kita upayakan ada di 22 kelurahan supaya masyarakat bisa membeli beras dengan harga Rp.51.000/karung,” paparnya.

Kepala Bulog Sub Divre Lampung Tengah, Tri Novianti menjelaskan, saat ini stok beras untuk masyarakat Kota Metro masih cukup aman sampai akhir Desember 2023.

Ia meminta masyarakat tidak khawatir stok beras untuk tahun 2024, karena Perum Bulog akan melakukan penyerapan kembali diawal tahun yang merupakan musim panen bagi para petani.

"Iya awal tahun nanti akan ada panen kembali, maka kita akan menyerap kembali beras yang ada di petani. Jadi masyarakat jangan khawatir Bulog tetap ada," kata dia.

Ia menambahkan, dalam bazar bahan pokok murah yang akan dilaksanakan di 22 kelurahan yang di Kota Metro nanti, pihaknya bukan hanya menyediakan beras SPHP saja tetapi juga MinyakKita dan gula putih.

"Bukan hanya beras, tapi ada MinyakKita, gula yang harganya jauh di bawah dari harga pasaran. Untuk hari ini kita  menurunkan 2,5 ton beras untuk masyarakat," tandasnya.