Aplikasi Dompet Dhuafa menyediakan fitur Donasi dan Ibadah

id Aplikasi Dompet Dhuafa, Ziswaf,Dompet Dhuafa

Aplikasi Dompet Dhuafa menyediakan fitur Donasi dan Ibadah

Aplikasi Dompet Dhuafa menyediakan fitur Donasi dan Ibadah. ANTARA/HO-Dompet Dhuafa

...merilis dan mengembangkan aplikasi DD Apps yang bisa menunjang kebaikan kita sekaligus beribadah.
Jakarta (ANTARA) - Kebingungan dan ketidakyakinan dalam memilih sesuatu menjadi masalah yang sering kali dijumpai di era teknologi yang serba mudah dan cepat seperti sekarang ini.

Hal itu terjadi lantaran teknologi menyediakan banyak sekali pilihan yang bisa memudahkan aktivitas hidup kita, termasuk menyediakan beragam cara untuk menyalurkan kebaikan, salah satunya lewat aplikasi donasi dan Ziswaf online.

Di era serba daring ini, ada banyak sekali pilihan untuk menyalurkan kebaikan dengan cara yang mudah, yakni melalui aplikasi online. Hanya dengan sekali klik saja, kita sudah terhitung melakukan kebaikan karena berdonasi.

Namun di antara banyaknya pilihan aplikasi donasi online, masih sedikit aplikasi yang turut menyediakan fitur lain untuk menunjang kebaikan kita, seperti fitur ibadah dan kerelawanan.

Untuk menjawab kebutuhan tersebut, Dompet Dhuafa melalui Tim Teknologi dan Digital merilis dan mengembangkan aplikasi DD Apps yang bisa menunjang kebaikan kita sekaligus beribadah.

“Ini menjadi langkah kami dalam melengkapi perkembangan digital di Dompet Dhuafa. Setelah jauh sebelumnya mengaktivasi channel digital sebagai sarana donasi kebaikan, kini kami melengkapinya dengan aplikasi. Beragam fitur kami hadirkan untuk memudahkan masyarakat melihat apa yang kami kelola dalam kerja-kerja kebaikan. Jadi, hanya dengan sekali klik, Anda dapat berdonasi, sarana ibadah dan kerelawanan hingga mendapatkan laporan penggunaan dana yang didonasikan. Aplikasi ini juga sudah tersedia di Play Store maupun App Store,” kata Etika Setiawanti Direktur Penghimpunan ZISWAF Dompet Dhuafa saat ditemui pada Kamis (7/9).

Tentang Fitur Aplikasi Dompet Dhuafa

Aplikasi Dompet Dhuafa atau DD Apps menyediakan dua fitur utama, yakni fitur Donasi dan Ibadah. Pada fitur Donasi, kita dapat menyalurkan dana kebaikan yang tidak hanya mencakup infak, tetapi juga sedekah, zakat, wakaf, dana khusus untuk kemanusiaan, hingga membayar atau mencicil hewan kurban.

Sedangkan untuk fitur Ibadah, DD Apps menyediakan Jadwal Salat, Al Quran yang dilengkapi dengan audio, Kalkulator Zakat untuk menghitung besaran zakat yang wajib dikeluarkan, Jemput Zakat agar Anda tidak perlu pergi ke luar rumah, hingga menu Tanya Ustaz yang akan terhubung langsung dengan ustaz untuk berkonsultasi seputar agama, khususnya Ziswaf.

Tak berhenti sampai di situ, DD Apps juga menyediakan fitur lainnya, seperti Laporan Publik Dompet Dhuafa yang dapat diakses oleh seluruh donatur, pendaftaran Care Visit bagi para donatur yang ingin terjun langsung ke program-program pemberdayaan Dompet Dhuafa, hingga fitur pendaftaran untuk menjadi bagian dari Dompet Dhuafa Volunteer (DDV) yang akan menyalurkan kebaikan secara langsung kepada para penerima manfaat. Ada pula fitur Berita Terbaru yang akan menginformasikan seluruh kegiatan kelembagaan Dompet Dhuafa.

Transparansi Dompet Dhuafa kepada publik

Transparansi kepada para donatur menjadi salah satu fokus utama Dompet Dhuafa dalam mengembangkan aplikasi ini. Untuk itu, apabila Anda menginstall dan berdonasi melalui Aplikasi Dompet Dhuafa, Anda akan selalu mendapatkan laporan penggunaan dana yang Anda donasikan melalui Dompet Dhuafa. Anda juga bisa memilih sendiri program kebaikan mana yang ingin Anda bantu dan melihat perjalanan program tersebut hingga akhir. Selain itu, Anda juga bisa mengecek riwayat donasi yang sudah Anda salurkan melalui Dompet Dhuafa di DD Apps.

Begitu pula halnya dengan fitur kurban. Jika Anda memilih untuk berkurban di Dompet Dhuafa, hanya melalui DD Apps saja, Anda sudah bisa mendapatkan laporan lengkap tentang perjalanan hewan kurban Anda. Mulai dari pra kurban, seperti pemilihan hewan kurban dan lokasi pemotongannya, penyembelihan hewan kurban, hingga pasca kurban, yakni pendistribusian daging kurban hingga jumlah penerima manfaat daging kurban Anda.

Proses pembayaran donasi di DD Apps pun sangat mudah, yakni bisa dilakukan melalui transfer di mobile banking atau ATM, Virtual Account, hingga e-wallet seperti OVO, GoPay, dan sebagainya. Dengan beragam fitur dan juga kemudahan yang disediakan oleh DD Apps, Anda tak perlu lagi takut salah memilih aplikasi yang tepat untuk menunjang kebaikan Anda. Sebab, DD Apps akan mempermudah segala niat baik Anda.

Tentang Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa adalah lembaga nirlaba milik masyarakat Indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa dengan dana ZISWAF (Zakat, Infak, Sedekah, Wakaf), serta dana lainnya yang halal dan legal, dari perorangan, kelompok, perusahaan/lembaga. Sudah 30 tahun, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR. (Advertorial)
 Baca juga: GKR Mangkubumi ajak Dompet Dhuafa kerja sama, dukung penguatan Pramuka Peduli
Baca juga: Dompet Dhuafa resmikan STUKA, pendidkan vokasi bidang konstruksi