Imigrasi buka layanan perpanjangan izin tinggal bagi peserta Krui pro

id Imigrasi ,Pesisir Barat ,Krui pro

Imigrasi buka layanan perpanjangan izin tinggal bagi peserta Krui pro

Para peserta WSL saat akan mencoba sensasi ombak besar di lokasi Krui pro. (ANTARA/Riadi Gunawan)

Pesisir Barat (ANTARA) - Kantor Imigrasi Kota Bumi, Lampung, membuka layanan perpanjangan izin tinggal bagi warga negara asing (WNA) yang sedang mengikuti kejuaraan selancar World Surf League (WSL) Krui Pro 2023, di Pantai Tanjung Setia, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung.

"Kemarin ada permintaan juga surat dari panitia kegiatan ini, dan kami mendukung penuh untuk kegiatan  ini. Jadi kami memberikan layanan izin tinggal langsung di acara ini," kata Kepala Kantor Imigrasi Kota Bumi Imam Setiawan, di Krui, Kamis.

Ia mengatakan, pihaknya memberikan pelayanan kemudahan di dalam pemberian izin tinggal bagi warga negara asing.

"Sudah lebih dari 10 WNA untuk melakukan perpanjangan," kata dia.

Ia mengatakan, selain dari pelayanan pihaknya juga telah membentuk tim pengawasan orang asing dimana tim tersebut melakukan kegiatan pengawasan bagi warga negara asing yang berada di wilayah Kabupaten Pesisir Barat.

"Kami juga akan melakukan pengawasan terhadap WNA. Kami melakukan pengawasan ini bersama-sama dengan Tim Pengawasan Orang Asing di wilayah Pesisir Barat," kata dia.

Ia mengatakan, pengawasan orang asing ini harus lebih ditingkatkan, karena memang ajang Krui Pro menjadi salah satu daya tarik bagi turis mancanegara untuk berwisata di Pesisir Barat.

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya memperketat pengawasan, untuk mencegah pelanggaran yang dilakukan oleh WNA.


"Ya selama ini memang Pesisir Barat ini kan lebih ke tujuan wisata ya, jadi mereka lebih banyak menggunakan Visa On Arrival. Visa On Arrival itu memang tujuannya untuk tujuan wisata. Jadi selama ini memang pelanggaran atau penyalahgunaan izin tinggal ini belum terlalu signifikan dan kami terus selain dari pelayanan prima," katanya.