Pemkab Pesisir Barat dorong kepala desa agar mengaktifkan lagi BUMDes

id BUMDes ,pesisir barat,Lampung

Pemkab Pesisir Barat dorong kepala desa agar mengaktifkan lagi BUMDes

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon Pesisir Barat Roba'i.(ANTARA/Riadi Gunawan)

Pesisir Barat (ANTARA) - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon Kabupaten Pesisir Barat, Lampung, mendorong peratin atau kepala desa agar mengaktifkan lagi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), dan menggali potensi desa untuk dijadikan BUMDes.

"Kami dari pihak dinas berupaya mendorong peratin untuk menghidupkan kembali BUMDes dan lebih menggali lagi potensi desa untuk dijadikan BUMDes," kata Sekretaris  Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon Pesisir Barat, Roba'i Jumat (10/02/2023).

Selanjutnya dia mengatakan, setiap desa pasti memiliki keunggulan dan potensi BUMDes atau wisata yang berbeda-beda.

"Mulai dari potensi wisata dan kekayaan alam, Karena itu kita minta agar para peratin menggali potensi yang ada di masing-masing pekon  (desa) untuk dijadikan BUMDes," kata dia.

Hingga saat ini kata dia, di Kabupaten Pesisir Barat Lampung hanya ada 85 BUMDes yang terdaftar.

"hingga saat ini baru 85 BUMDes yang terdata dari 116 pekon yang ada," ujar nya

Dia mengatakan, mayoritas BUMDes yang ada di Pesisir Barat ini bergerak di bidang sewa peralatan seperti, sewa tarup dan sewa alat resepsi pernikahan.

Tapi kata dia, tidak hanya bergerak di bidang jasa sewa, Pesisir Barat juga memiliki BUMDes yang bergerak di bidang pariwisata.

"Iya kita juga mempunyai BUMDes yang bergerak di bidang pariwisata seperti di Pantai Mandiri dan Pulau Pisang," katanya.

Untuk itu ia berharap, agar masing-masing pekon ini menggali potensi yang ada untuk usaha yang lebih produktif lagi.