BNPB ingatkan cuaca ekstrem di Lampung jelang tahun baru

id bnpb,cuaca ekstrem,natal dan tahun baru, nataru

BNPB ingatkan cuaca ekstrem di Lampung jelang tahun baru

Pelaksana tugas Kepala Pusat Data dan Informasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam acara daring Disaster Briefing di Jakarta, Senin, (26/12/2022). (Antara/Youtube BNPB)

Jakarta (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengingatkan potensi cuaca ekstrem di sejumlah Provinsi masih ada jelang tahun baru mendatang.

"Kepada teman-teman pemerintah daerah di Jawa, Bali, NTB, dan Sulawesi Selatan bahwa masih ada potensi hujan lebat hingga sangat lebat," kata Plt Kepala Pusat Data dan Informasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam acara daring Disaster Briefing di Jakarta, Senin (26/12) malam.

Wilayah yang merupakan langganan bencana hidrometeorologi tertinggi seperti Provinsi Jawa Barat khususnya Kabupaten Bogor juga agar berhati-hati pada banjir dan rawan longsor.

"Tidak terkecuali meskipun hujan sedang hingga lebat di Aceh, Lampung, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Kalimantan Timur, Maluku, dan Papua agar berhati-hati juga," kata dia.

"Kesiapsiagaan masyarakat harus disiapkan. Peran pemerintah daerah aparat TNI-Polri dan BPBD setempat juga harus dipersiapkan terutama komunitas, bila perlu aktifkan siskamling di tingkat RT dan RW. Jika hujan deras sudah terjadi lebih dari 2 jam, segera evakuasi secara mandiri," katanya.