Tak ada lagi obat sirop berbahaya beredar di Bandarlampung

id Lampung ,Bandarlampung ,Gagal ginjal,BPOM,gagal ginjal akut,penyebab gagal ginjal akut,obat ginjal akut,nama obat sirop,obat sirop gagal ginjal akut,A

Tak ada lagi obat sirop berbahaya beredar di Bandarlampung

Pelaksana Tugas Kepala BPOM Bandarlampung, Zamroni, saat dimintai keterangan. Bandarlampung, Kamis, (27/10/2022). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Bandarlampung memastikan bahwa obat-obat sirop untuk anak yang telah dilarang oleh pemerintah pusat tidak beredar lagi di pasaran di kota ini.

"Kalau di kota ini produk-produk obat sirop untuk anak yang dilarang pemerintah pusat tidak ada yang beredar lagi di pasaran karena sudah disisir," kata Pelaksana Tugas Kepala BPOM Bandarlampung, Zamroni, di Bandarlampung, Kamis.

Ia pun mengatakan bahwa guna mencegah adanya apotek ataupun toko yang menjual produk-produk obat sirop yang telah dilarang, BPOM selalu rutin melakukan pengawasan di lapangan.

"Kalau pengawasan rutin kami lakukan, bahkan pemkot dan kepolisian juga ikut dalam melakukan pengecekan. Sejauh ini apotek di Bandarlampung sudah tidak menjual produk-produk tersebut," kata dia.

Kemudian, lanjut dia, untuk penarikan obat sirop untuk anak dari pasaran, hal itu dilakukan oleh pelaku usaha yang memiliki produk itu.

"Ya, ada kewajiban dari mereka (pelaku usaha) menarik produknya dari apotek dan toko-toko di Bandarlampung," kata dia.

Pada 24 Oktober 2022, Kementerian Kesehatan telah mengizinkan kembali penggunaan 156 obat sirop tidak menggunakan propilen glikol, polietilen glikol, sorbitol, gliserin atau gliserol, dan aman sepanjang digunakan sesuai aturan pakai.

Sementara itu, 12 merk obat yang mengandung zat aktif asam valporat, sidenafil, dan kloralhidrat dapat digunakan melalui monitoring terapi oleh tenaga kesehatan.

Apotek dan toko obat dapat menjual bebas maupun bebas terbatas kepada masyarakat sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.