Gajah jinak Way Kambas makan banyak buah di perayaan HUT Pusat Latihan Gajah

id Pusat Latihan Gajah Way Kambas, Ulang Tahun PLG, Humas Balai TNWK, Gajah jinak

Gajah jinak Way Kambas makan banyak buah di perayaan HUT Pusat Latihan Gajah

Pusat Latihan Gajah (PLG Taman Nasional Way Kambas merayakan hari lahirnya dengan memberikan aneka buah segar untuk semua  gajah jinak di Pusat Latihan Gajah setempat, Jumat, 27 Agustus 2022. Foto Balai Taman Nasional Way Kambas.

Lampung Timur (ANTARA) - Pusat Latihan Gajah (PLG) Taman Nasional Way Kambas (TNWK) terletak di Kabupaten Lampung Timur Provinsi Lampung berdiri pada 27 Agustus 1985. Pada Jumat, 27 Agustus 2022,  PLG merayakan hari lahirnya dengan memberikan aneka buah segar untuk semua  gajah jinak.

"Kita merayakan hari lahir PLG Taman Nasional Way Kambas dengan memberikan buah, supaya gajah-gajah senang. Buah yang diberikan banyak. Ada semangka, pisang, nanas, hampir semua buah ada," kata Humas Balai TNWK Sukatmoko, saat dihubungi di Lampung Timur, Sabtu, 28 Agustus 2022.

Sukatmoko mengatakan, perayaan hari lahir PLG tersebut sekaligus memperingati Hari Gajah Sedunia setiap tanggal 12 Agustus.

Sukatmoko memberi tahu pula, ulang tahun PLG TNWK tahun ini, menjadi momentum Balai TNWK  menyusun sebuah konsep baru wisata di Pusat Latihan Gajah Way Kambas.

Konsep baru wisata  yang tengah disiapkan ini meniadakan eksploitasi gajah jinak. Hiburan atraksi gajah dan tunggang gajah yang selama ini ada, bakal ditiadakan.

"Kami sedang menyusun konsep baru wisata di PLG. Konsep  baru ini mengedepankan edukasi. Ke depan tidak ada lagi atraksi gajah jinak dan tunggang gajah," terangnya.

Dia menggambarkan dalam konsep tersebut, wisatawan ditawarkan untuk mengetahui bagaimana merawat gajah jinak, bagaimana memandikan gajah, bagaimana memberi makan gajah, dan sebagainya.

Namun dia belum bisa memastikan kapan PLG dibuka untuk wisatawan, mengingat semuanya sedang disiapkan.

"Semuanya sedang kita siapkan dulu, kalau sudah siap, termasuk digitalisasi karcis masuk, langsung PLG kita buka lagi untuk wisatawan," jelasnya.