Dandim 0429 Lampung Timur resmi buka perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika

id Letkol Indra Puji Triwanto, Dandim 0429 Lampung Timur

Dandim 0429 Lampung Timur resmi buka perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika

Komandan Kodim (Dandim) 0429 Lampung Timur Letkol Czi. Indra Puji Triwanto, resmi membuka Perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika Ke-2 Semester I TA 2022,  di Lapangan Desa Rajabasa Lama, Kecamatan Labuhan Ratu, Kabupaten Lampung Timur, Rabu (6/7/2022). Foto Antara/HO-Dompet Dhuafa.

Lampung Timur (ANTARA) - Komandan Kodim (Dandim) 0429 Lampung Timur Letkol Czi. Indra Puji Triwanto, resmi membuka Perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika Ke-2 Semester I TA 2022,  di Lapangan Desa Rajabasa Lama, Kecamatan Labuhan Ratu, Kabupaten Lampung Timur, Rabu (6/7/2022).

"TNI AD dalam melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat melalui kegiatan pembinaan teritorial yang pada hakekatnya ialah penyiapan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya yang dibina
secara dini untuk dibangun, dipelihara, dan ditingkatkan", ujar Letkol CZI Indra Puji Triwanto dalam sambutannya. 

Menurutnya, salah satu upaya yang dilakukan TNI AD dalam membantu pemerintah, dengan menyiapkan kekuatan pendukung secara dini dengan membentuk Satuan Karya Saka Wira Kartika dan memberikan pendidikan kesadaran bela negara.

"Selain dalam rangka mencegah pudarnya rasa cinta tanah air di kalangan generasi muda akibat dari semakin maraknya budaya asing dan pergeseran norma budaya bangsa yang mengarah pada perpecahan dan upaya penghilangan ke-Bhinneka Tunggal Ika-an dalam kehidupan masyarakat. Pembinaan ini juga bertujuan memberikan keterampilan kepada anggota Saka Wira Kartika yang diwadahi dalam Lima Krida yaitu Krida Navigasi Darat, Krida Mountaineering, Krida Pioneering, Krida Survival dan Krida Penanggulangan Bencana sebagai bekal nantinya dalam bekerja dan mengabdi kepada masyarakat," jelasnya.

Dandim menyampaikan tujuan diadakannya perkemahan Saka Wira Kartika Ke-2 oleh Kodim 0429/Lamtim, diantaranya demi terwujudnya generasi muda Indonesia yang memiliki keterampilan sesuai dengan Krida Saka Wira Kartika, kesadaran dalam membela negara Indonesia, 

Tumbuhnya kebanggaan generasi muda sebagai warga negara Indonesia yang Berbhineka Tunggal Ika, terbentuknya fisik dan mental serta kepribadian yang baik di kalangan generasi muda dalam menghadapi berbagai pengaruh negatif serta terbentuknya generasi muda yang mandiri, peduli, bertanggung jawab dan berpegang teguh pada nilai norma masyarakat.

Dia  berpesan kepada seluruh peserta perkemahan Saka Wira Kartika agar meningkatkan  intensitas dan kualitas gerakan pramuka sebagai wadah pembentukan karakter bangsa bagi generasi muda. 

"Jaga keamanan pada saat melaksanakan kegiatan untuk menghindari hal-hal yang bisa berakibat tidak baik untuk adik-adik semua, serta jaga perilaku dalam pergaulan selama pelaksanaan kegiatan perkemahan ini, ambil ilmu yang telah diberikan para instruktur sehingga sekembalinya adik-adik berkemah ada bekal untuk diri pribadi, keluarga, dan lingkungan", pungkas Letkol Czi. Indra Puji Triwanto, S.H, menutup amanatnya.


Pada acara tersebut, turut hadir Ka Kwarcab Lampung Timur yang di wakili Drs. Ahmad Zainudin, MAP selaku Ketua Harian Kwarcab Lampung Timur, Perwira Staf Kodim 0429/Lamtim, Danramil jajaran Kodim 0429/Lamtim, Camat Labuhan Ratu Defri Irwansyah, Kapolsek Labuhan Ratu Iptu Mardiansyah, Kades Rajabasa Lama II Jumadi, Ka Kwaran Kecamatan Labuhan Ratu, Para Pimpinan Saka Koramil, Kakak Pembina, Pamong Saka, dan Dewan Kerja Saka, para pendamping serta peserta Pramuka Saka Wira Kartika.