KPAI dorong pemerintah capai target lima juta anak dapatkan akta kelahiran

id Jasra Putra,kpai,akta lahir

KPAI dorong pemerintah capai target lima juta anak dapatkan akta kelahiran

Anggota Komisi Perlindungan Anak Indonesia Jasra Putra. (ANTARA/ Anita Permata Dewi)

Jika dilihat selisih data target tersebut dengan capaian yang sudah dilakukan, maka ada sebanyak 5.464.286 anak di Indonesia yang belum memiliki akta lahir. Sedangkan untuk KIA masih perlu upaya ekstra untuk mencapainya, katanya

Jakarta (ANTARA) - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mendorong pemerintah untuk mencapai target lima juta anak untuk mendapatkan akta kelahiran.

"Ada sebanyak lima juta anak di Indonesia yang belum memiliki akta lahir," kata Kadivwasmonev KPAI Jasra Putra melalui siaran pers, di Jakarta, Rabu.

Jasra mengatakan pemerintah Indonesia memiliki target dalam Rancangan Perencanaan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 terkait pemenuhan hak sipil anak atas kepemilikan akta kelahiran sebanyak 100 persen.

Target capaian tahun 2021 berdasarkan RPJMN lima tahunan tersebut sebanyak 95 persen dari jumlah anak 83.892.229 orang.

Data Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri bulan Juli 2021 menyampaikan capaian akta lahir anak sebanyak 78.427. 943 (93,49 persen) anak usia 0-17 tahun. Sedangkan kepemilikan Kartu Identitas Anak (KIA) telah mencapai sebanyak 27.914.960 anak (36,87 persen).

"Jika dilihat selisih data target tersebut dengan capaian yang sudah dilakukan, maka ada sebanyak 5.464.286 anak di Indonesia yang belum memiliki akta lahir. Sedangkan untuk KIA masih perlu upaya ekstra untuk mencapainya," katanya.

Capaian akta lahir di beberapa provinsi masih di bawah target nasional 95 persen, di antaranya Provinsi Aceh, Provinsi Maluku, Provinsi Maluku Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Provinsi Sulawesi Barat, Provinsi Sulawesi Tengah, Provinsi Sumatera Utara, Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat.