Warga Lampung Timur raup jutaan rupiah dari budi daya ikan cupang

id Ikan cupang, usaha di tengah pandemi, pengusaha lampung timur,bisnis cupang,cupang

Warga Lampung Timur raup jutaan rupiah dari budi daya ikan cupang

Lisy Tantowi (26), warga Lamtim yang berhasil meraup jutaan rupiah dari budidaya ikan cupang. (Antara Lampung/HO/M. Misaf Khan)

Money is everything, itulah di ikan cupang
Lampung Timur (ANTARA) - Lisy Tantowi (26), warga Dusun Margodadi Satu, Desa Labuhan Ratu Satu, Kecamatan Way Jepara, Kabupaten Lampung Timur mampu meraup jutaan rupiah dari hasil bisnis ikan cupang yang ditekuninya.

Awal memulai budi daya ikan cupang itu, Lisy melihat potensi nilai ekonomi dari usaha tersebut.

"Money is everything, itulah di ikan cupang, ya di antara ikan konsumsi lainnya, ikan cupang lebih dari segi harga," kata Lisy.

Lisy menuturkan, sejak masa pandemi COVID-19, ikan cupang banyak digandrungi warga, mulai dari kalangan anak-anak hingga dewasa. 

"Belum lama ini, 20 ekor ikan cupang saya habis terjual dalam kurun waktu dua jam pada pelelangan," ujar Lisy saat wawancara, Selasa.

Dari hasil penjualan 20 ikan cupang tersebut, ia mendapatkan keuntungan sebesar Rp5 juta.

Lisy mengatakan, ikan cupang hasil usahanya biasa dilelang melalui sosial media instagram, whatsapp, facebook dan twitter.

"Kami menggunakan akun @bettaofclan untuk melelang ikan cupang dengan cara siaran langsung lewat sosmed," ujarnya pula.

Lisy menjelaskan, jenis ikan cupang yang banyak digandrungi para pecinta ikan cupang, di antaranya yellow galaxy, multicolor dan blue rim dengan harga variatif.

"Beberapa jenis cupang yang kami budidayakan ada jenis multicolor, blue rim, yellow marsupilami dan halfmoon. Untuk harga per ekor berkisar antara Rp50 ribu hingga ratusan ribu rupiah," kata Lisy lagi.

Dari sisi pemeliharaan, teknik memijah dan breeding ikan cupang cenderung mudah. Lisy memulai usahanya dengan tiga pasang ikan cupang, hingga saat ini ia telah memiliki ratusan ikan cupang.
Baca juga: Demam ikan cupang di Mesuji
Baca juga: Inilah manfaat pelihara ikan hias dari basmi jentik nyamuk hingga halau stress
Pewarta :
Editor : Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar