Kontes ikan cupang dipusatkan di Pasar Wisata Badau perbatasan RI-Malaysia

id ikan cupang

Kontes ikan cupang dipusatkan di Pasar Wisata Badau perbatasan RI-Malaysia

Kontes ikan cupang badau. (Istimewa)

Putussibau, Kapuas Hulu (ANTARA) -
Badau Betta Fish Crew bekerjasama dengan generasi muda perbatasan yang tergabung dalam New milenial Badau, akan menggelar kontes dan lelang ikan cupang amal yang akan di pusatkan di Pasar Wisata Badau, daerah perbatasan Indonesia-Malaysia, Kecamatan Badau, Kapuas Hulu Kalimantan Barat, 6 Desember 2020 mendatang.


 


"Kontes cupang itu untuk memperkenalkan ikan cupang ke masyarakat yang memiliki potensi ekonomi, sedangkan lelang nanti hasilnya akan di gunakan kegiatan sosial membantu masyarakat kurang mampu di Badau," kata Ketua Badau Betta Fish Hamdi, kepada ANTARA, di Putussibau Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu, Jumat.


 


Tim penilai kontes akan dilakukan oleh Asosiasi Betta Kapuas Hulu yang telah memiliki akta notaris.


 


Menurut dia, ikan cupang saat ini mulai banyak di minati masyarakat, bukan hanya sekedar sebagai ikan hias, namun juga memiliki nilai ekonomis yang menjanjikan ke depannya.


 


"Ikan cupang juga banyak diminati oleh pecinta ikan hias di luar negeri, sehingga ini bisa menjadi peluang ekspor untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat," kata Hamdi.


 


Kegiatan itu mendapat dukungan dari berbagai pihak selain komunikasi pecinta cupang, juga di fasilitasi tempat oleh Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Pos Lintas Batas Negara (PLBN), Bea Cukai Badau, Karantina Perikanan dan sejumlah pihak yang antusias mendukung kontes dan lelang ikan cupang.


 


Pelaksanaan kontes akan menerapkan protokol kesehatan dan mendapatkan izin dukungan dari Camat Badau dan desa setempat.


 


Selain itu, kerjasama dan kekompakan dari generasi muda yaitu New Millenial Badau yang bergerak di bidang sosial untuk bersama melaksanakan lelang ikan cupang yang hasilnya lelang nanti akan digunakan untuk kegiatan sosial.


 


"Muara kita ke depannya bagaimana manfaatkan potensi ikan cupang untuk diekspor melalui PLBN Badau, tentu tidak terlepas dari dukungan Kantor Berita Indonesia ANTARA dalam pemberitaan dalam mendorong promosi potensi di perbatasan, baik tingkat nasional mau pun ke luar negeri," kata Hamdi.


 


Kontes ikan cupang meliputi kategori plakat warna bebas, Kelas baby dan Kelas Reguler, Standar SNI.*
Pewarta :
Editor : Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar