"Granny Fandom" dalam konser K-Pop TVXQ

id tvxq,dbsk,granny fandom,cassiopea

Freebies untuk "Granny Fandom" di “TVXQ! CONCERT - CIRCLE #with in Jakarta” di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Sabtu (31/8/2019). (ANTARA News/ Nanien Yuniar)

Seluruh penggemar TVXQ yang disebut Cassiopea itu didominasi remaja, termasuk penggemar berusia 20-an tahun.
Tangerang (ANTARA) - Sejumlah penggemar grup idola K-Pop TVXQ berkumpul di area konser di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Sabtu, termasuk para penggemar yang berusia 30-an tahun atau disebut Granny Fandom.

Grup yang merupakan duo Yunho dan Changmin itu telah hadir dalam industri hiburan Negeri Ginseng pada 2003 sehingga mempunyai basis penggemar yang lebih banyak dan lama dibanding grup-grup Super Junior ataupun BIGBANG.

Granny Fandom itu pun berbeda dengan para penggemar remaja seperti penggemar grup BlackPink, BTS, Bahkan EXO.

Seluruh penggemar TVXQ yang disebut Cassiopea itu didominasi remaja, termasuk penggemar berusia 20-an tahun, dan berkumpul di area konser "TVXQ! CONCERT - CIRCLE #with in Jakarta'


Dalam pesan yang menempel di freebies, benda-benda gratis yang dibagikan komunitas penggemar untuk penonton, tersemat tulisan "Starter Pack for Granny Fandom".

Tradisi memberi freebies banyak dipraktikkan di konser-konser K-pop pada akhir-akhir ini. Barang yang diberikan bermacam-macam dan biasanya bersangkutan dengan artis yang manggung. Tapi untuk para Granny Fandom, benda-benda gratis yang diberikan meliputi permen, koyo, dan obat herbal untuk masuk angin.

Pesan jenaka tertulis di stiker yang ditempel di setiap freebies: "Boleh teriak-teriak, boleh nge-dance, boleh lompat, tapi jangan berlebihan. Ingat umur."


 
Komunitas penggemar membagikan nasi bakar di “TVXQ! CONCERT - CIRCLE #with in Jakarta”, Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Sabtu (31/8/2019) (ANTARA News/ Nanien Yuniar)


Freebies itu dibagikan oleh komunitas TVXQ INA Project, gabungan dari lima komunitas penggemar TVXQ di Indonesia.

Komunitas tersebut juga membagikan barang-barang lain seperti stiker, pembatas buku, camilan hingga 500 nasi bakar beserta air mineral yang diberikan secara cuma-cuma.

"Kami sudah menyiapkan ini sejak kemarin," ujar Tania, bagian dari komunitas TVXQ INA Project, kepada ANTARA.

"Ada yang dananya patungan, ada juga orang yang memang menyumbangkan," ujarnya.

Tania dan teman-temannya berkumpul di dekat pintu masuk konser di ICE BSD. Mereka memasukkan nasi bakar ke dalam kertas cokelat kemudian memberikannya pada sesama penggemar Yunho dan Changmin.



Komunitas itu juga berencana menggelar flashmob untuk meramaikan suasana di area konser.

“TVXQ! CONCERT - CIRCLE #with in Jakarta” adalah konser perdana TVXQ di Indonesia dalam sejarah 16 tahun karir grup idola itu.

Rangkaian konser "Circle — #welcome", diasosiasikan dengan album "New Chapter No. 1: The Chance of Love", yang berlangsung sejak 5 Mei 2018 di Korea Selatan.

Album itu adalah album studio ke-8 bagi duo TVXQ, sekaligus album penuh pertama semenjak mereka merampungkan wajib militer.

Sebelumnya, duo penyanyi idola itu pernah hadir di Indonesia bersama musisi dari SM Entertainment dalam gelaran konser "SM Town Live World Tour III" pada September 2012.
 
Pewarta :
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar