Arus lalu lintas Mesuji Lampung - Sumsel masih lumpuh

id Jembatan Way Mesuji ambles,arus kendaraan Mesuji-Palembang,kerusakan Jalinsum,truk besar rusak Jalinsum

Arus lalu lintas Mesuji Lampung - Sumsel masih lumpuh

Kemacetan panjang akibat jembatan Way Mesuji Lampung rusak dan ambles (Antaralampung.com/Raharja)

Mesuji, Lampung (ANTARA) - Arus lalu lintas ruas Jalinsum Mesuji Lampun -Sumsel masih lumpuh pada Senin siang akibat jembatan Way Mesuji rusak parah dan ambles.

Kapolres Mesuji AKBP Edi Purnomo mengatakan bahwa jembatan Way Mesuji rusak parah karena dua truk besar berusaha melintasi jembatan itu bersamaan, sehingga badan jalan di jembatan itu ambles.

"Jebolnya jembatan itu karena dua truk  bersebelahan saat melintas, yang membuat jalan aspal ambles,"katanya.
 
Dua truk berwarna hijau dengan nopol BG 8629 ID bermuatan karnel sawit dari arah Palembang ke Lampung, sedangkan truk besar berwarna merah dari arah Lampung ke Palembang bernopol BG 8853 IC dengan muatan semen putih. 

Jembatan itu ambles pada Senin dini hari mengakibatkan arus lalu lintas di Jalan Lintas Sumatera Mesuji Lampung - Palembang lumpuh total.

"Muatan kedua truk itu sedang dibongkar, dipindah ke kendaraan lain agar truk itu ditarik," kata Kapolres.

Secara terpisah, Kasat Lantas Polres AKP Hadly menuturkan bahwa truk merah dikendarai oleh Adi Irawa (43) dengan kapasitas 45 ton, sedang pengemudi truk Fuso hijau tidak ada sopirnya. 

"Supir Fuso hijau kabur, sampai saat ini belum diketahui siapa orangnya, pintu mobilnya juga dikunci. Saat ini sedang kami cari. Kedua itu melebihi kapasitas," ujarnya.
 
Menurut  Konsultan Bina Marga, Irfin Lubis,  evakuasi truk terlebih dahulu dilakukan.

Menurut dia, setelah truk dievakuasi, segera dilakukan kontruksi sementara agar secepatnya bisa dilalui.

"Pekerja, alat, dan material telah kami siapkan. Kejadian ini bukan akibat jembatan rapuh, melainkan karena kendaraan overload melebihi kapasitas. Di sini juga kita sedang memperbaiki jembatan sebelahnya, sekitar 15 hari lagi baru selesai dikerjakan," katanya.
 
Arus kendaraan mengalami macet panjang akibat dua jembatan di Kabupaten Mesuji Lampung rusak parah atau ambles.

 
Jembatan Way Mesuji Lampung rusak dan ambles akibat dua truk besar melintasinya bersamaan pada Senin dini hari (Antaralampung.com/Raharja)

Berdasarkan pantauan, Senin, kemacetan panjang terjadi karena sebagian badan jalan di Jembatan Way Mesuji itu ambles sehingga tak bisa dilalui kendaraan.
  
Akibatnya, kemacetan panjang kendaraan terjadi menjelang jembatan Mesuji itu.
 
Jembatan utama yang lebarnya 10 meter dan panjang 60 meter itu membentang di atas Sungai  Way Mesuji Kabupaten Mesuji Lampung  dan Kabupaten OKI Sumatera Selatan.
 
Arus lalu lintas di jalan lintas timur Sumatera (Jalinsum)   Mesuji Lampung dan perbatasan Provinsi Sumatera Selatan kini macet panjang, baik arah Palembang maupun arah