Harga Sawit di Mesuji Naik

id Sawit Naik, Komunitas Buah Sawit Naik

Perkebunan kelapa sawit di di Kabupaten Mesuji (Raharja/Antaralampung.com)

Saya  berharap harga ini dapat bertahan hingga beberapa bulan ke depan sehingga memberikan keuntungan bagi para petani kelapa sawit

Mesuji (ANTARA) - Harga jual tandan buah segar kelapa sawit di Kabupaten Mesuji Provinsi Lampung  naik dari Rp800 per kilogram menjadi Rp1.300 per kilogram dalam dua pekan terakhir.

"Harga tandan buah segar kelapa sawit cukup menggembirakan jika dibandingkan dengan harganya pada pekan lalu,” kata petani kelapa sawit,  Katini  (47) di Kecamatan Simpang Pematang, Kabupaten Mesuji, Kamis. 

"Saya  berharap harga ini dapat bertahan hingga beberapa bulan ke depan sehingga memberikan keuntungan bagi para petani kelapa sawit,"katanya. 

Katini  mengatakan harga tandan buah segar kelapa sawit akan sulit bertahan jika harganya sudah di angka Rp2.000/kg  karena permintaan atas komoditas tidak meningkat volumenya.

"Dalam setahun paling cuma satu atau dua bulan  saja harga tandan buah segar kelapa sawit di atas Rp1.000/kg, sementara sisanya di bawah itu bahkan bisa sampai Rp400 per kilogram," katanya lagi.

Sementara itu,  Parjo (47), salah satu petani sawit lainnya, mengatakan yang menjadi salah satu penyebab rendahnya produktivitas lahan kelapa sawit di daerah setempat karena petani tidak mampu menyisihkan uang untuk membeli pupuk.

"Satu hektare lahan produksi paling banyak hanya dua ton, hal tersebut terjadi karena ketidaksanggupan petani membeli pupuk akibat harganya tinggi," katanya.

Pewarta :
Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar