Dua ekor gajah jinak Way Kambas hamil

id gajah tnwk

Dua ekor gajah jinak Way Kambas hamil

Gajah jinak Way Kambas bersama pawangnya (Foto: Antaralampung.com/Muklasin)

Tidak ada masalah ditunggangi, malah sebagai latihan, tetapi yang penting gajah yang sedang hamil jangan terlalu sering jongkok dan berdiri, ujar Diah
Lampung Timur (Antaranews Lampung) - Dua ekor gajah jinak di Pusat Konservasi Gajah Taman Nasional Way Kambas (TNWK) Kabupaten Lampung Timur diketahui  oleh dokter hewan setempat sedang hamil.

Drh Diah Esti Anggraeni, dokter yang bertugas di RS Gajah Prof Dr Ir Rubini Atmadidjaja Pusat Konservasi Gajah TNWK, di Lampung Timur, Kamis, membenarkan dua ekor gajah jinak betina bernama Kartijah dan Bunga sedang hamil.

"Dua ekor gajah itu sudah positif hamil," katanya.

Namun dokter hewan ini belum bisa memastikan umur kandungan kedua hewan mamalia besar, spesies langka dan dilindungi di dunia itu.

Tapi, menurut dia, sekarang ini bisa diperkirakan gajah jinak Bunga yang bakal lebih dulu melahirkan anaknya.

"Sewaktu dilakukan USG pada kedua gajah betina itu, hanya gajah Bunga yang terlihat tulang rusuknya, gajah Kartijah belum terlihat," ujar Diah.

Menurutnya, kehamilan gajah Kartijah ini adalah yang keempat setelah melahrkan tiga anaknya, dan kehamilan gajah Bunga pada 2018 adalah yang ketiga kalinya.

Dia mengemukakan, usia kehamilan gajah adalah 21 bulan dan pada masa hamil tua, gajah hamil perlu banyak tambahan makanan (nutrisi) untuk induk dan anaknya dalam kandungan.

Namun sebagai gajah atraksi, saat hamil, kedua gajah betina ini tetap aman bila pengunjung ingin naik di punggungnya.

"Tidak ada masalah ditunggangi, malah sebagai latihan, tetapi yang penting gajah yang sedang hamil jangan terlalu sering jongkok dan berdiri," ujar Diah.