Lampung dukung uji kompetensi wartawan

id Pwi lampung, kompetensi wartawan, ukw

UKW PWI Lampung 2018 (Ist)

 Bandarlampung (Antaranews Lampung) -Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung mendorong peningkatkan kapasitas dan kompetensi sumber daya manusia (SDM) wartawan melalui Uji Kompetensi Wartawan. 
       
"Kompetensi mutlak dimiliki wartawan sebagai profesi, karena dengan kompetensi dapat menjaga kehormatannya sebagai wartawan," ujar Pejabat Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Hamartoni Ahadis, pada Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan XVIII di Balai Wartawan H. Solfian Akhmad, Bandarlampung, Senin.
       
 Ia menyebutkan, pelaksanaan UKW dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas sumber daya manusia bidang pers. 
         
Menurutnya, setiap profesi harus memiliki kompetensi, sehingga segala tindak dan kegiatan dapat terukur dan terarah kepada tujuan yang ingin dicapai.
       
Hamartoni menjelaskan, pelaksanaan UKW agar anggota PWI memiliki nilai lebih dari komunitas wartawan lain. 
       
"Uji kompetensi ini dapat menjadi pembeda dengan wartawan lain dan dapat memberikan tulisan yang dapat mewarnai kesan masyarakat tentang pemerintah. Sehingga, apa yang dihasilkan profesi wartawan tersebut outputnya dapat bermanfaat bagi masyarakat dan pemerintah," ujarnya.
       
 Pada kesempatan tersebut Hamartoni berpesan kepada seluruh peserta yang mengikuti UKW dapat melaksanakan dan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan baik dan serius. 
     
  "Karena dengan uji kompetensi ini dapat menaikkan harkat dan martabat sebagai wartawan," ujar dia.
         
Kepala Bidang Organisasi PWI Lampung Firdaus berpesan kepada seluruh peserta UKW untuk menjadikan UKW tersebut sebagai kekuatan masyarakat pers di masa mendatang.
     
 "Tolok ukur utama dari sebuah profesi adalah kompetensi. Kompetensi menjadi keharusan untuk sebuah profesi tidak terkecuali PWI, dan yang membedakan PWI dengan yang lainnya itu adalah kompetensinya. PWI akan tetap mempertahankan kompetensi sebagai sebuah kekuatan, karena tanpa kompetensi wartawan bukanlah apa dan bukan siapa-siapa," tegas Firdaus.
       
Pelaksana Tugas  Ketua PWI Provinsi Lampung Nizwar mengatakan sebanyak 48 peserta UKW, agar mengikuti acara dengan sebaik mungkin dan diharapkan agar seluruh peserta dapat lulus.
     
 Dia menjelaskan sejak Angkatan I sampai Angkatan XVIItahun lalu, UKW menghasilkan 607 wartawan berkompeten. 
       
"Insya Allah jumlah tersebut akan bertambah dan diharapkan bisa mewarnai pelaksanaan pembangunan di Indonesia khususnya di Provinsi Lampung," ujar Nizwar.
 
Pengajar dan penguji UKW PWI di antaranya adalah Dr Rajab Ritonga, wartawan senior yang lama berkecimpung di LKBN Antara, Jakarta.
Pewarta :
Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar