Tim patroli temukan titik api di Way Kambas

id sukatmoko,humas tnwk

Humas Balai TNWK Sukatmoko, (FOTO ANTARA Lampung/Muklasin)

Tim melihat asap dalam hutan dan tim patroli gabungan sekarang masih berupaya menjangkau titik api di hutan Way Kambas, karena posisinya jauh dan di tengah hutan sehingga titik api belum bisa dijangkau, ujar Sukatmoko,
 Lampung Timur (Antaranews Lampung) - Tim patroli gabungan Taman Nasional Way Kambas, Kabupaten Lampung Timur yang bekerja sejak Sabtu (11/8)  telah menemukan titik api dalam kawasan hutan Way Kambas., 
         
"Tim melihat asap dalam hutan dan tim patroli gabungan sekarang masih berupaya menjangkau titik api di hutan Way Kambas, karena posisinya jauh dan di tengah hutan sehingga titik api belum bisa dijangkau," ujar  Humas Balai TNWK Sukatmoko, saat dihubungi di Lampung Timur,  Minggu.
         
Ia mengatakan tiga tim patroli gabungan sejak Sabtu (11/8) berangkat ke dalam hutan dan menemukan titik api tersebut yang diperkirakan berada di wilayah Seksi I dan II Way Kambas.
         
Menurutnya, sulitnya medan yang hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki dan jauhnya lokasi sehingga tim sampai hari ini belum bisa menjangkau titik api.
           
Ia menjelaskan, sampai dengan Minggu siang ini tiga tim patroli tersebut belum bisa dihubungi karena faktor tidak ada signal dalam hutan, sehingga belum diketahui apakah titik api sudah dijangkau dan dipadamkan.
       
Menurut Sukatmoko, melihat kepulan asap dari titik api yang diketahui itu diperkirakan yang terbakar merupakan hutan rawa.
       
"Melihat asapnya hitam kemungkinan hutan rawa kering yang terbakar karena kalau hutan ilalang asapnya putih dan cepat padam," ujarnya.
           
Ia menduga penyebap kebakaran  ulah pemburu liar, karena belum ada ditemukan timbul api karena gesekan pohon.
         
Sukatmono mengatakan lebih lanjut sampai saat ini belum ada pembakar hutan yang ditangkap mengingat luasnya wilayah dan banyaknya celah masuk 
ke dalam hutan sehingga petugas kesulitan mendeteksi setiap orang yang masuk dalam kawasan hutan.
         
Namun, ia menyatakan Tim Patroli Gabungan Balai TNWK telah bekerja keras mengantisipasi pembakaran hutan diantaranya seperti yang dilakukan jajaran Polres Lampung Timur dengan mendirikan posko atau tenda di Resort Susukan Baru SPTN Wilayah I Way Kanan dalam kawasan TNWK.
     
"Posko yang mendirikan Polres Lampung Timur tapi isinya tim gabungan dari Polri, TNI, Polhut, lembaga mitra TNWK dan masyarakat . Tim ini bekerja 24 jam,  tugsnya siang patroli di pinggir kawasan hutan sambil sosialiasi ke masyarakat jangan membakar hutan, " ujar Sukatmoko lagi.
         
Balai TNWK bersama lembaga mitranya dan TNI, Polri, dibantu masyarakat saat ini tengah intensif mengantisipasi dan meminimalkan terjadi kebakaran hutan dan lahan di hutan Way Kambas yang dikhawatirkan asapnya akan mengganggu pelaksanaan Asian Games 2018 yang akan berlangsung 8 Agustus dan berkahir 2 September 2018.
Pewarta :
Editor: Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar