Aksi teatrikal Jenderal Sudirman di Lampung Utara

id teaterikal hut ri, kota bumi,

Aksi teatrikal Jenderal Sudirman di Lampung Utara

Teaterikal perjuangan Pahlawan Jenderal Soedirman dan Rakyat Indonesia ketika melawan penjajahan belanda merebut kemerdekaan NKRI, di Stadion Sukung Kotabumi, Lampung Utara, Senin (17/8) (FOTO ANTARA Lampung/Sarnubi)

Kotabumi, Lampung (ANTARA Lampung) - Pertunjukan teatrikal perjuangan Jenderal Sudirman saat melawan penjajah Belanda yang dipersembahkan Sanggar Teater Yayasan Pendidikan Islam Qudsiyah Lampung Utara mendapat sambutan meriah.

Pertunjukan teatrikal itu digelar usai upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-70 Kemerdekaan Indonesia di Stadion Sukung Kotabumi, Senin.

Teatrikal Jenderal Sudirman itu disutradarai Lili Herlina dari Sanggar Teater Pendidikan Islam Qudsiyah Dusun Kudus Penagan Ratu di bawah naungan KBTM Lampung Utara binaan Dandim 0412 Lampung Utara Letkol Infanteri Mahfud Supriyadi.

Mereka yang juga terlibat dalam pembinaan Pasiter Kodim 0412 Kapten Infantri Suroto, Ketua Yayasan Ahmad Sayuti, bersama jajaran staf tata usaha dan dewan guru MA dan MTs Qudsiyah.

Teatrikal perjuangan Jenderal Sudirman itu diperankan oleh pelajar MA dan MTs Qudsiyah.

Bertindak sebagai pengisi suara dalam teater perlawanan rakyat Indonesia melawan penjajah Belanda itu, antara lain Alimin, Supardi, Reni Okta, dan Asri Yunadi, dengan tim kreatif Sumitro.

Dalam teatrikal yang dipertontonkan pelajar MA dan MTs dari Yayasan Pendidikan Islam Qudsiyah itu, membuat para anggota veteran di Lampung Utara terlihat menahan isak tangis.

Bahkan para peserta upacara yang menyaksikan pertunjukan tersebut ikut tegang.

Semangat para pemain teater yang memerankan sebagai rakyat dalam adegan itu terlihat, termasuk saat ada yang terluka. Pada akhir cerita, para pemain mendapatkan sambutan hangat berupa saweran dari para penonton. (Ant)