Nuzul Alquran Dipusatkan di Lampung Utara

id Nuzul Alquran Dipusatkan di Lampung Utara

Bandarlampung (ANTARA LAMPUNG) - Peringatan turun (Nuzul) Alquran pada Ramadhan 1434 Hijriah/2013 Masehi tingkat Provinsi Lampung dipusatkan di Masjid Agung Kotabumi, ibu kota Kabupaten Lampung Utara, sekitar 100 km utara Kota Bandarlampung, Kamis (25/7) malam.

Acara yang dihadiri seluruh anggota empat tim Safari Ramadhan Provinsi Lampung (Tim I, II, III, dan IV) itu dipimpin oleh Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Lampung Berlian Tihang.

Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Lampung, Bupati Lampung Utara Zainal Abidin, Forkopimda Kabupaten Lampung Utara, dan ratusan kaum muslimin dan muslimat setempat menghadiri peringatan turun Kitab Suci Alquran itu.

Selain diisi pembacaan ayat-ayat suci Alquran, dilanjutkan sambutan Gubernur Lampung Sjachroedin ZP yang dibacakan Sekdaprov Lampung Berlian Tihang, Bupati Lampung Utrara, dan ceramah agama uraian hikmah Nuzul Alquran oleh Ustadz Suparman Abdul Karim.

Gubernur diwakili Sekdaprov Lampung Berlian Tihang juga menyerahkan bantuan untuk masjid sebesar Rp10 juta yang diterima tokoh dan pengurus Masjid Agung Kotabumi, H Saleh Ammad, dan memberikan santunan sebesar Rp5 juta untuk 50 anak yatim di Kotabumi.

Gubernur Sjachroedin ZP dalam sambutan tertulisnya mengapresiasi jajaran pemerintah dan masyarakat Lampung Utara yang telah melaksanakan pembangunan di berbagai bidang, dan mengharapkan hal itu terus ditingkatkan.

Kepala Daerah Lampung itu juga meminta masyarakat untuk terus menciptakan iklim yang kondusif, dan terus membantu pemerintah dalam melaksanakan berbagai program pembangunan untuk kesejahteraan rakyat.

Dalam bulan Ramadhan dan menjelang perayaan Idulfitri, Gubernur Sjachroedin juga meminta untuk menjaga stabilitas keamanan di wilayah masing-masing.

Bupati Lampung Utara Zainal Abidin melaporkan bahwa kondisi keamanan dan situasi politik di daerahnya berjalan lancar, aman, dan kondusif, meskipun dia mengakui dalam beberapa bulan terakhir mulai memanas seiring akan berlangsung pemilihan kepala daerah setempat pada 19 September 2013 nanti.

Zainal mengharapkan dan mengimbau kepada warganya untuk tetap tenang, tidak mudah terpancing oleh hasutan dan ajakan pihak-pihak yang berupaya menjelek-jelekkan orang atau pihak lain.

Dia juga menyebutkan bahwa persediaan sembilan bahan pokok di daerahnya cukup melimpah, dan diharapkan kondisi itu berlangsung hingga Lebaran nanti dengan tidak terjadi lonjakan harga yang berarti.

Ustadz Suparman Abdul Karim dalam ceramah uraian hikmah Nuzul Alquran mengajak umat muslim dan muslimat dapat mempelajari dan mengamalkan Alquran untuk meningkatkan keimanan serta ketakwaan, serta tidak menjadikan agama hanya sebagai kamuflase.

Gubernur Lampung Sjachroedin ZP beserta jajaran menjalankan Safari Ramadhan 1434 Hijriah sebanyak 17 kali, berkeliling di 15 kabupaten dan kota yang terbagi dalam empat kelompok, masing-masing dipimpin oleh gubernur, wakil gubernur, kapolda, dan komandan Korem 043/Garuda Hitam dari 12 Juli hingga 2 Agustus 2013.