Wah, Lampung Utara Punya Kopi Pinang

id kopi, pinang

Optimistis kopi pinang yang dikembangkan ini, mampu bersaing dengan produk sejenis dipasaran, selain itu, kopi pinang mampu memberikan dampak baik terhadap promosi daerah,"
Liwa (ANTARA Lampung) - Kopi pinang menjadi salah satu produk unggulan Kabupaten Lampung Utara, Provinsi Lampung.

"Kopi pinang salah satu produk yang paling diunggulkan di daerah ini, mengingat baru satu satunya kabupaten di Provinsi Lampung yang mengembangkan kopi berasal dari komoditas pinang," kata Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan Lampung Utara, melalui stafnya Deni Afrian, di Bandarlampung, Minggu.

Dia menjelaskan, peminat kopi pinang semakin meningkat setiap harinya, sehingga perajin menambah stok produk di pasaran.

Menurut dia, kopi pinang dapat menjadi icon produk di Provinsi Lampung.

"Optimistis kopi pinang yang dikembangkan ini, mampu bersaing dengan produk sejenis dipasaran, selain itu, kopi pinang mampu memberikan dampak baik terhadap promosi daerah," katanya.

Dia menjelaskan, rasa kopi pinang unik selain itu berkhasiat sehingga pelanggan dalam dan luar daerah berlomba mencari produk tersebut.

Pinang menjadi salah satu komoditas unggulan di Kabupaten Lampung Utara, Provinsi Lampung, sebab sebagian besar masyarakat membudidayakan tanaman ini sebagai tanaman tumpang sari di lahan kopi maupun kakao.

Produksi kopi pinang berlokasi di Kecamatan Abung Tinggi, Kabupaten Lampung Utara, perajin sengaja menciptakan produk kopi dari bahan baku pinang sebagai upaya penggalian potensi perkebunan sehingga mampu meningkatkan ekonomi masyarakat.

Menurut konsumen kopi pinang kopi tersebut memiliki rasa unik selain itu berkhasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit, seperti asam urat, gangguan pencernaan, letih-lesu, batuk berdahak dan menambah vitalitas.(Ant)