Belanda atasi Polandia di laga perdana Grup D 2-1

id Timnas Belanda, Polandia, Wout Weghorst, Piala Eropa 2024, Euro 2024, UEFA

Belanda atasi Polandia di laga perdana Grup D 2-1

Selebrasi Wout Weghorst saat mencetak gol kemenangan Belanda atas Polandia dalam laga pembukaan Grup D Piala Eropa 2024 di Volksparkstadion, Hamburg pada Minggu (16/6/2024). ANTARA/Dok-UEFA

Jakarta (ANTARA) - Timnas Belanda memulai laga perdana Grup D dengan kemenangan dramatis 2-1 atas Polandia dalam matchday 1 Piala Eropa (Euro) 2024 di Volksparkstadion, Hamburg pada Minggu malam WIB.
 
Polandia sempat unggul lebih dulu melalui gol Adam Buksa sebelum tim Oranje membalikkan keadaan lewat dua gol yang dicetak oleh Cody Gakpo dan Wout Weghorst.
 
Kemenangan ini membuat Belanda memuncaki klasemen sementara Grup D dengan tiga poin, sedangkan Polandia menepati dasar klasemen, demikian dikutip dari laman resmi UEFA.
 
Dua tim Grup D lainnya, Prancis dan Austria baru akan bertanding pada Selasa (18/6) dini hari WIB.
 
Jalannya pertandingan
 
Belanda langsung mengancam saat laga belum berjalan dua menit. Cody Gakpo mendapatkan bola di kiri dan melepaskan sepakan yang masih bisa ditepis kiper Polandia, Wojciech Szczesny.
 
Pada menit ke-9, Belanda mendapatkan peluang bagus. Umpan Jerdy Schouten disambar Tijjani Reijnders, tetapi upaya pemain berdarah Indonesia itu masih melenceng tipis di kanan gawang.
 
Belanda mendominasi penguasaan bola dan terus memberikan tekanan dahsyat ke daerah pertahanan tim Polandia.
 
 
Ancaman lain kembali diciptakan Belanda pada menit ke-14. Kali ini melalui sepakan Xavi Simons dari sisi kanan, tetapi arah bola masih melebar ke kiri gawang.
 
Polandia justru bisa memimpin lebih dahulu pada menit ke-16. Bermula dari skema sepak pojok, umpan lambung ditanduk Adam Buksa di kotak penalti meski dibayangi Virgil van Dijk dan Denzel Dumfries. Polandia 1-0 Belanda.
 
Belanda melanjutkan tekanannya. Van Dijk mendapatkan kans emas saat sepakan volinya yang menyambut umpan sepak bola masih bisa dihalau oleh Szczesny.
 
Satu peluang lain gagal dimanfaatkan Belanda tidak lama berselang. Bola terlepas dari kaki Simons dan disambar oleh Memphis Depay di kotak penalti, tetapi bola masih melambung tinggi.
 
 
Belanda akhirnya bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-29. Sepakan Gakpo dari depan kotak penalti membentur Bartosz Salomon sehingga membuat Szczesny mati langkah.
 
Polandia coba membalas gol itu pada menit ke-32 lewat sepakan Jakub Kiwior yang dapat ditahan kiper Belanda Bart Verbruggen.
 
Babak pertama berakhir imbang 1-1.
 
Kedua tim sama-sama tampil terbuka di babak kedua. Belanda lanjut menekan Polandia pada melalui sepakan Depay dan Simmons, tetapi kedua upaya itu belum membuahkan hasil.
 
Polandia balik mengancam pada menit ke-58. Percobaan dari Jakub Kiwior dan Piotr Zielinski belum bisa menaklukkan kiper Bart Verbruggen.
 
Pelatih Belanda, Ronald Koeman melakukan sejumlah pergantian pemain dengan salah satunya memasukkan Wout Weghorst.
 
Pergantian itu membuahkan hasil. Belanda berhasil membalikkan kedudukan menjadi 2-1 pada menit ke-83. Umpan terobosan Nathan Ake dari sisi kiri diselesaikan Wout Weghorst, yang tidak terkawal baik, dengan tendangan first-time ke pojok kiri gawang.
 
Polandia coba mengejar. Tembakan Karol Swiderski ditahan kiper pada menit ke-89.
 
Tidak ada gol yang tercipta di sisa waktu pertandingan. Belanda memenangi laga perdananya di Piala Eropa 2024.
 
Susunan pemain:
 
Polandia (3-5-2): Wojciech Szczesny; Jakub Kiwior, Bartosz Salamon (Bartosz Bereszynski 86'), Jan Bednarek; Nicola Zalewski, Taras Romanczuk (Bartosz Slisz 55'), Piotr Zielinski (Jakub Piotrowski 78'), Przemyslaw Frankowski, Sebastian Szymanski (Jakub Moder 46'), Kacper Urbanski (Karol Swiderski 55'); Adam Buksa
 
Belanda (4-2-3-1): Bart Verbruggen; Denzel Dumfries, Stefan de Vrij, Virgol van Dijk, Nathan Ake (Micky van de Ven 87'); Jerfy Schouten, Tijani Reijnders, Joey Veerman Georginio Wijnaldum 62'); Xavi Simons (Donyell Malen 62'), Memphis Depay (Wout Weghorst 81'), Cody Gakpo (Jeremie Frimpong 81')
 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Gol Weghorst menangkan Belanda atas Polandia di laga perdana Grup D