Pemprov Lampung: RPH siap potong ternak penuhi kebutuhan Lebaran

id RPH lampung, peternakan lampung, lebaran lampung

Pemprov Lampung: RPH siap potong ternak penuhi kebutuhan Lebaran

Ilustrasi- Daging sapi milik penjual di pasar tradisional di Kabupaten Lampung Selatan. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

RPH di Lampung ini semua sudah siap sejak sebelum Ramadhan untuk melakukan pemotongan ternak
Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Provinsi Lampung memastikan bahwa semua Rumah Potong Hewan (RPH) siap melakukan pemotongan ternak untuk memenuhi kebutuhan konsumsi daging masyarakat pada Idul Fitri 1445 Hijriah atau Lebaran 2024.
 
"RPH di Lampung ini semua sudah siap sejak sebelum Ramadhan untuk melakukan pemotongan ternak guna pemenuhan konsumsi daging masyarakat selama Idul Fitri 2024," ujar Kepala Disnakeswan Hewan Provinsi Lampung Lili Mawarti di Bandarlampung, Senin.
 
Ia mengatakan kesiapan itu terlihat dari terjaganya fasilitas area rumah potong hewan di berbagai lokasi tetap higienis serta tata cara pemotongan yang sesuai aturan.
 
"Pengawasan terus dilakukan agar rumah potong hewan tetap higienis. Ini untuk mengantisipasi juga adanya penyebaran penyakit pada ternak," katanya.
 
Selain itu, lanjut dia, pemerintah daerah (pemda) pun memperketat lalu lintas perdagangan ternak di daerah itu untuk mencegah adanya penyakit pada ternak, salah satunya antraks.
 
"Terkait dengan penyakit antraks pada ternak memang di Lampung belum ada, sehingga kami terus mengawasi dengan ketat lalu lintas perdagangan ternak di semua titik. Kemudian melarang sapi yang berasal daerah terjangkit antraks untuk masuk ke Lampung," ucap dia.
 
Dia menjelaskan sistem pengetatan lalu lintas ternak tersebut dilakukan bekerja sama dengan Balai Karantina di pos-pos check point di perbatasan.
 
"Jadi pemeriksaan ini kami akan melihat surat izin lalu lintas ternaknya, kami nanti akan cek sapi atau ternak yang dibawa ini berasal dari daerah mana, dan bagaimana kondisi kesehatannya, Sehingga semua ternak dan daging yang di konsumsi masyarakat Lampung ini benar-benar terjaga kesehatannya," kata Lili Marwati.

Baca juga: Pemprov Lampung sidak keamanan pangan jelang Idul Fitri

Baca juga: Jaga keamanan pangan, Pemprov Lampung periksa produk perikanan

Baca juga: Pemprov Lampung bersama Pertamina lakukan pengecekan stok LPG