BPBD ingatkan warga waspadai cuaca ekstrem di Pesisir Lampung Selatan

id Lampung Selatan ,Cuaca buruk ,BPBD

BPBD ingatkan warga waspadai cuaca ekstrem di Pesisir Lampung Selatan

Ilustrasi- saat para nelayan sedang menyandarkan kapal di dermaga Canti Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan pada Sabtu (08/03/2024). (ANTARA/Riadi Gunawan)

Terkhusus pada nelayan agar untuk sementara mengingat cuaca yang sangat ekstrem di laut ini jangan pergi melaut dulu

Lampung Selatan (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengimbau kepada masyarakat di wilayah pesisir Kabupaten Lampung Selatan, untuk selalu waspada terhadap cuaca ekstrem dan gelombang tinggi.   

"Pemkab Lampung Selatan terutama BPBD Lampung Selatan mengimbau kepada seluruh warga masyarakat terutama yang tinggal di pinggir pesisir pantai agar waspada karena menurut BMKG pada 9 dan 10 Maret kemungkinan terjadi gelombang laut tinggi," kata Kepala Pelaksana BPBD Lampung Selatan, Ariswandi di Kalianda, Sabtu.

Dia mengatakan, hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berpeluang terjadi di beberapa wilayah kabupaten Lampung Selatan.

Oleh karena itu, dia berharap warga agar berhati-hati apabila melakukan aktivitas di saat kondisi cuaca ekstrem serta mengantisipasi bahaya gelombang tinggi kepada nelayan setempat.

"Terkhusus pada nelayan agar untuk sementara mengingat cuaca yang sangat ekstrem di laut ini jangan pergi melaut dulu, kita mengurangi risiko yang akan terjadi ketika gelombang pasang di tengah laut," katanya.

Untuk menghindarkan diri dari berbagai dampak gelombang tinggi, BPBD pun menyarankan masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadinya gelombang tinggi untuk selalu waspada.

Kemudian masyarakat diminta untuk berhati-hati saat beraktivitas dan terus mencari informasi terkait cuaca dari situs BMKG.

Para nelayan yang ingin mencari ikan di laut harus mengutamakan keselamatan, seperti memakai pelampung peralatan keselamatan lainnya.

Berdasarkan peringatan dini gelombang tinggi dari BMKG, pada tanggal 9 Maret hingga 10 Maret 2024, ada peluang terjadinya gelombang tinggi 1,25 meter hingga 2,5 meter di beberapa titik, di antaranya teluk Lampung bagian selatan.