BMKG: Hujan lebat guyur sebagian besar wilayah Indonesia

id bmkg,cuaca hari ini,prakiraan cuaca,siklon tropis saola,cuaca indonesia,gelombang tinggi

BMKG: Hujan lebat guyur sebagian besar wilayah Indonesia

Ilustrasi - Prakiraan cuaca BMKG

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan lebat mengguyur sebagian besar wilayah di Indonesia seiring dengan adanya siklon tropis Saola yang bergerak di perairan timur Filipina.

Prakirawan BMKG Idhan Abubakar mengatakan siklon itu memiliki kecepatan angin maksimum sebesar 85 knot atau setara 155 kilometer per jam dengan tekanan udara minimum sebesar 955 milibar yang bergerak ke arah selatan.

"Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan, peningkatan kecepatan angin, dan ketinggian gelombang di sekitar wilayah siklon tropis tersebut," kata Idhan dalam pernyataan di Jakarta, Minggu.

Siklon tropis Saola memberikan dampak tidak langsung terhadap cuaca di Indonesia berupa gelombang laut dengan ketinggian 1,25 sampai 2,5 meter dan hujan lebat.

Daerah perlambatan kecepatan angin atau konvergensi terpantau memanjang dari wilayah barat Samudera Hindia di Sumatera Barat hingga Aceh, laut China Selatan, dari Kalimantan Barat hingga perairan utara Kalimantan, dari Selat Makassar hingga Laut Sulawesi, Laut Maluku, dan Papua bagian tengah.

Idhan menuturkan kondisi itu mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan-awan hujan di sepanjang daerah konvergensi.

Peningkatan kecepatan angin permukaan lebih dari 25 knot terpantau di Samudera Hindia sebelah selatan Nusa Tenggara Barat hingga selatan Nusa Tenggara Timur, dari Teluk Karpentaria hingga Laut Flores, dari Laut Arafuru hingga Laut Maluku.

Kemudian, Laut Aru hingga Laut Seram, dari Laut Halmahera hingga Laut Filipina, dari Teluk Thailand hingga Laut China Selatan, dan Filipina bagian selatan yang mampu meningkatkan ketinggian gelombang di wilayah perairan sekitarnya.

"Wilayah yang berpotensi terjadi hujan lebat disertai petir atau kilat juga angin kencang terdapat di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua," kata Idhan.

Sedangkan, prakiraan cuaca yang lebih sempit pada kota-kota besar, BMKG memprakirakan mayoritas kondisi langit hari ini berawan hingga hujan ringan.

Banda Aceh dan Pangkal Pinang diprediksi berawan hingga cerah berawan. Kemudian di Medan, Pekanbaru, Tanjung Pinang besok diprediksi terjadi hujan dengan intensitas ringan.

Bengkulu diprediksi berawan, sementara Jambi dan Palembang diprediksi berkabut, sedangkan di Padang dan Bandar Lampung hujan ringan.

Beralih ke Pulau Jawa, BMKG memprakirakan Serang, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya berawan hingga cerah berawan. Sedangkan, Jakarta diprediksi hujan ringan.

Kemduian, Denpasar, Mataram, dan Kupang diprediksi mengalami cuaca berawan hingga cerah berawan.

Untuk wilayah Kalimantan seperti Kota Banjarmasin diprakirakan masih ada asap, sedangkan Palangka Raya dan Samarinda diprakirakan berawan hingga berawan tebal. Pontianak diprediksi hujan ringan dan Tanjung Selor hujan petir.

Kemudian di Pulau Sulawesi, BMKG memprakirakan kondisi cuaca Palu dan Mamuju mengalami hujan ringan. Kemudian, Makassar, Gorontalo, Manado, dan Kendari berpotensi berawan hingga cerah berawan.

Di Kepulauan Maluku dan Papua didominasi hujan ringan, yaitu Ambon, Manokwari, dan Jayapura. Prediksi berawan tebal hanya ada di Ternate.