Desainer berbakat Indonesia tampil di KazanSummit 2022

id rusia, kazansummit

Desainer berbakat Indonesia tampil di KazanSummit 2022

Tiga brand Indonesia meriahkan Kazan Modest Fashion Show 2022 di Rusia. (ANTARA/HO-KBRI Moskow)

Bandarlampung (ANTARA) - Duta Besar RI untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus, Jose Tavares mengatakan patut berbangga bahwa dalam rangkaian KazanSummit 2022, terdapat desainer-desainer berbakat Indonesia yang berpartisipasi memamerkan koleksi busana Muslim dalam ajang bergengsi ini.

Siaran pers dari KBRI Moskow diterima di Bandarlampung, Rabu menyebutkan perhelatan Kazan Modest Fashion Show di Rusia itu dihadiri 250 orang dari kalangan desainer, pengamat fesyen, pejabat asing dan setempat, serta korps diplomatik di kompleks budaya dan hiburan “Pyramid” Kazan pada 19 Mei 2022.

Dubes Jose Tavares yang hadir dalam agenda itu mengungkapkan kualitas dan desain yang ditampilkan desainer Indonesia dalam Kazan Modest Fashion Show tersebut sangat bagus, modis, dan tetap menjaga nilai-nilai kesopanan dan Islami.

"Sambutan hangat dan antusiasme peserta dan penonton memberikan optimisme dan kesan positif yang mendorong karya anak bangsa bersaing di dunia internasional," ucapnya.

Kazan Summit 2022 atau the 13th International Economic Summit " Russia-Islamic World: KazanSummit” merupakan ajang pertemuan ekonomi internasional tahunan yang berlangsung pada 19-21 Mei 2022 di Kazan, ibu kota Republik Tatarstan.

Dalam rangkaian KazanSummit 2022, selain KFMS, diselenggarakan pula Russia Halal Expo, the 6th OIC Young Diplomats Forum, dan Pleno Grup Strategic Vision Russia-Islamic.

KazanSummit tahun ini didedikasikan untuk peringatan ke-1100 tahun diadopsinya agama Islam oleh masyarakat Volga Bulgaria dengan puncak acara di Kota Bolgar yang dihadiri Presiden Tatarstan.

KMFS 2022 yang menjadi ajang pertunjukan koleksi perancang busana terkemuka Rusia dan asing, bertujuan untuk mendukung dan menumbuhkembangkan komunitas perancang busana modest sebagai bagian dari tren busana global yang berkembang pesat.

Acara ini diselenggarakan tim internasional, yakni Tatarstan Investment Development Agency (TIDA), Markamarie (Franka Soeria, Indonesia), Modest Russia, dan Council of Modest Fashion (COMF).

“Saya sangat bangga dapat berpartisipasi dalam KMFS di Rusia ini dan optimistis berbagai koleksi busana Muslim dan modest fashion lainnya buatan Indonesia mampu bersaing dengan negara lain, bahkan Indonesia dapat menjadi kiblat modest fashion dunia,” ujar Restu Pratiwi salah seorang desainer Indonesia.

Dalam KMFS 2022 ditampilkan karya busana anggun dan elegan koleksi putra-putri Indonesia, yaitu Restu Pratiwi, Anaras, dan Li Scarf bersama Franka Soeria yang menjadi event organizer. Koleksi lain yang tampil, antara lain Asheri (Kazakhstan), dari Rusia terdapat koleksi dari Buro Banu, Inshelline, Al – Shiira, Kuzma, Bloombia dan Sultan Saliev.

Elizaveta, salah satu pengunjung KMFS menyatakan kekagumannya pada berbagai koleksi busana Muslim karya desainer Indonesia yang ditampilkan. “Sungguh rancangan yang elegan dan indah ketika dikenakan,” kata dia.

Industri modest fashion menjadi bagian tak terpisahkan dalam tren busana dunia dan memiliki potensi besar untuk berkembang di Indonesia, mengingat mayoritas penduduknya Muslim. Laporan State of Global Islamic Economy (SGIE) 2022 oleh DinarStandard menempatkan Indonesia pada peringkat ke-3 untuk Modest Fashion setelah Uni Emirat Arab dan Turki.

Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2022