Gubernur melepas kontingen Lampung untuk PON Papua

id pon papua, koni lampung,tim lampung

Gubernur melepas kontingen Lampung untuk PON Papua

Gubernur Arinal melepas kontingen Lampung untuk PON XX Papua. ANTARA/HO

Saya berharap KONI memberikan pembinaan bagi para atlet agar Lampung berprestasi di berbagai cabang olahraga, kata Arinal
Bandarlampung (ANTARA) - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi melepas kontingen daerah setempat untuk berlaga pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang akan digelar di Papua.

Acara pelepasan tersebut bertempat di Mahan Agung, Bandarlampung pada Jumat. 

Kontingen Lampung untuk PON Papua berjumlah 325 orang, yang terdiri dari 138 atlet, 85 ofisial (pelatih dan manajer), 67 ofisial pendukung, 25 anggota pengamanan dari unsur TNI/Polri dan 10 wartawan.

Kontingen Lampung akan berlaga pada 26 cabang olahraga dan enam cabang olahraga eksebisi.

Ketua Umum KONI Lampung, yang juga merupakan Ketua Kontingen Lampung untuk PON Papua, Yusuf Barusman dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Lampung beserta seluruh jajaran atas kepercayaan dan dukungan yang luar biasa demi keberhasilan kontingen Lampung pada PON Papua. 

Baca juga: PON Papua - Yusuf Barusman ingatkan kontingen Lampung jaga prokes ketat

Ia mengatakan pihaknya telah mempersiapkan secara maksimal, baik konsep, strategi, fisik maupun mental, untuk mencapai target di PON Papua guna mengembalikan kejayaan olahraga Lampung.

Lebih lanjut, ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kapolda Lampung dan Danrem 043/Gatam yang telah memberikan dukungan berupa anggota pengamanan sebanyak 25 personel.

Gubernur dalam sambutannya mengatakan ia telah memberikan kontribusi berupa anggaran yang sesuai dengan permintaan KONI.

"Saya berharap KONI memberikan pembinaan bagi para atlet agar Lampung berprestasi di berbagai cabang olahraga," kata Arinal.

Selain itu, ia juga mengaku telah menyiapkan lahan seluas 160 hektare untuk pembangunan sport center yang berlokasi di daerah Kotabaru sebagai bukti keseriusannya demi mengembalikan kejayaan olahraga Lampung. 

Baca juga: PON Papua - Kontingen Lampung berangkat ke Papua bertahap

"Insya Allah, pada PON mendatang, adik-adik akan berangkat, akan dilepas dari sport center," ucap Arinal.

Di samping itu, guna mengembalikan kejayaan olahraga Lampung, ia pun menyatakan akan membenahi organisasi-organisasi terkait olahraga.

"Adik-adik fokus saja mengejar prestasi, saya akan benahi organisasi-organisasi," pungkas Arinal.

Dalam kesempatan tersebut, ia berpesan kepada pengurus KONI agar serius mendukung perjuangan atlet-atlet Lampung di PON Papua. 

Tak lupa, ia juga turut menyemangati para atlet untuk mencapai prestasi dan mengharumkan nama Provinsi Lampung di kancah Nasional.

Baca juga: Atlet perorangan Papua peraih emas dijanjikan bonus Rp1 miliar

"Saya ingin ke depan adik-adik bisa mengharumkan nama orang tua, nama daerah dan Indonesia. Olahraga adalah suatu kegiatan yang obyektif, tidak ada unsur politik dan kepentingan karena penuh dengan prestasi," pesan Arinal.

Di akhir acara, pelepasan kontingen Lampung ditandai dengan penyerahan bendera kontingen Lampung oleh Gubernur Lampung kepada Ketua Umum KONI Lampung dan diteruskan kepada Chef de Mission. 

"Kontingen Lampung untuk PON XX di Papua secara resmi saya lepas. Selamat berjuang, dan Allah bersama kita," tutup Arinal.