VW resmi operasikan lagi pabrik utamanya di Wolfsburg Jerman

id volkswagen,virus corona,vw

VW resmi operasikan lagi pabrik utamanya di Wolfsburg Jerman

Pabrik mobil utama Volkswagen di Wolfsburg, Jerman. (ANTARA/VW)

Momentum tambahan diperlukan untuk menstimulasi permintaan di Jerman dan di seluruh Eropa sehingga volume produksi dapat meningkat secara bertahap
Jakarta (ANTARA) - Produsen mobil Jerman Volkswagen pada awal pekan ini (27/4) resmi mengoperasikan lagi pabrik utamanya di Wolfsburg dengan produksi pertama model Golf.

Setelah beberapa waktu menghentikan operasi karena pandemi virus corona, VW memulai lagi berproduksi, dimulai dari pabriknya di Slovakia pekan lalu sebelum Wolfsburg, Jerman.

Volkswagen Passenger Cars kembali memproduksi kendaraan di pabriknya di Wolfsburg dengan shift awal dimulai pada pukul 6:30 pagi, kata VW dalam satu pernyataan, dikutip Rabu.

Awalnya, produksi Golf akan dimulai kembali dengan sistem satu shift--dengan kapasitas belum sepenuhnya, dan waktu siklus yang lebih lama. Saat ini, sekitar 8.000 karyawan kembali ke ruang produksi.

Produksi model Volkswagen Tiguan dan Touran serta SEAT Tarraco dimulai pada hari Rabu ini. Operasi multi-shift akan dimulai lagi pada minggu berikutnya.
Baca juga: VW ubah logo bagian rebranding, bakal muncul pertama di Atlas Cross Sport


Pada saat yang sama, sekitar 2.600 pemasok, mayoritas dari mereka yang berlokasi di Jerman, telah melanjutkan produksi untuk pabrik utama Volkswagen. Langkah-langkah untuk melindungi kesehatan tenaga kerja telah diperluas secara signifikan.

“Dimulainya kembali produksi secara bertahap merupakan sinyal penting bagi tenaga kerja, diler, pemasok, dan ekonomi yang lebih luas. Namun, dalam hal mengelola krisis, ini hanyalah langkah pertama. Momentum tambahan diperlukan untuk menstimulasi permintaan di Jerman dan di seluruh Eropa sehingga volume produksi dapat meningkat secara bertahap,” kata Ralf Brandstätter, Chief Operating Officer Volkswagen Passenger Cars.

Sekitar 1.400 kendaraan diperkirakan dihasilkan pada akhir minggu pertama produksi di pabrik Wolfsburg. Produksi akan ditingkatkan hingga lebih dari 6.000 kendaraan pada minggu berikutnya setelah operasi multi-shift dimulai kembali.

Jumlah itu mewakili sekitar 40 persen produksi sebelum dimulainya pandemi corona. Diler sekarang akan dapat mengirimkan kendaraan kepada pelanggan--sekitar 70 persen diler VW telah dibuka kembali untuk bisnis.

Setelah Zwickau, Wolfsburg adalah yang kedua dari pabrik kendaraan merek Volkswagen di Jerman yang beroperasi lagi setelah penghentian yang dimulai pada pertengahan Maret.

Produksi di Bratislava, Slovakia, sudah mulai lagi Senin pekan lalu (20/4). Peningkatan produksi sejalan dengan ketersediaan suku cadang saat ini mengingat dampak berkelanjutan dari pandemi corona, persyaratan pemerintah di Jerman dan Eropa, pengembangan pasar dan mode operasi yang dihasilkan dari pabrik.

Andreas Tostmann, anggota direksi Volkswagen yang bertanggung jawab untuk produksi dan logistik, menekankan: “Tim ini kembali ke tempat kerja yang memberikan tingkat keselamatan maksimum. Perusahaan dan Dewan Pekerja telah menyetujui rencana 100 poin untuk memastikan hal itu.”

Rencana ini mencakup aturan khusus tentang jarak dan kebersihan. Karyawan diminta untuk mengukur suhu tubuh mereka di rumah setiap pagi dan memeriksa daftar periksa kesehatan sebelum mereka berangkat kerja.
Baca juga: Volkswagen berambisi ciptakan mobil otonom di 2025


Pengalihan jalan telah disiapkan untuk menghindari kontak, banyak penanda jarak di lantai bertindak sebagai panduan untuk berjalan dan menjaga jarak selama rapat.

Pelindung mulut dan hidung harus dipakai di area di mana jarak minimum 1,5 meter tidak memungkinkan. Partisi plexiglass seluler digunakan di banyak area. Tim diberi lebih banyak waktu untuk membersihkan alat mereka.

Frekuensi pembersihan untuk ruang cuci dan ruang tim sedang diintensifkan, dan beberapa ratus fasilitas mencuci tangan tambahan sedang dipasang di seluruh pabrik.

Perusahaan ini mengubah ruang konferensi menjadi ruang kantor, waktu fleksibel diperpanjang di kantor dan, jika memungkinkan, opsi kerja di rumah bagi sebagian karyawan dilanjutkan.

Untuk memaksimalkan informasi dan kewaspadaan, lebih dari 8.000 poster dipajang di pabrik Wolfsburg saja, setiap karyawan juga telah menerima buklet yang berisi informasi terperinci tentang tindakan pencegahan.

Dalam kondisi operasi normal, 2.600 pemasok dari 71 negara--sebagian besar di antaranya berlokasi di Jerman--mengirimkan sekitar 21.000 komponen berbeda ke pabrik Wolfsburg setiap hari dengan sekitar 2.000 truk dan 100 gerbong kereta.

Setiap hari, sekitar 180 gerbong kereta bertingkat dan sekitar 185 gerbong pengangkut meninggalkan pabrik.
Baca juga: VW membidik efisiensi ketimbang bangun "kerajaan otomotif"
Pewarta :
Editor : Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar