Sebanyak 124 hewan penular rabies di Lampung Selatan telah divaksin

id Lampung Selatan ,Vaksinasi rabies,Hewan penular rabues,Rini Ariasih,Hewan,Rabies,Virus,Vaksin,Kalianda,Lampung Selatan

Sebanyak 124 hewan penular rabies di Lampung Selatan telah divaksin

Arsip - Petugas dari Dinas peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lampung Selatan saat melakukan vaksinasi terhadap Hewan penular rabies. ANTARA/Riadi Gunawan.

Jumlah hewan penular rabies yang divaksin sebanyak 124 ekor yang terdiri atas 14 ekor anjing, 109 ekor kucing, dan satu ekor kera

Lampung Selatan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan setempat telah melakukan vaksinasi terhadap 124 hewan penular rabies (HPR) di wilayah tersebut.

"Jumlah hewan penular rabies yang divaksin sebanyak 124 ekor yang terdiri atas 14 ekor anjing, 109 ekor kucing, dan satu ekor kera," kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lampung Selatan Rini Ariasih di Kalianda, Kamis.

Ia menjelaskan kegiatan vaksin terhadap ratusan hewan tersebut dalam rangka bulan bhakti rabies dan bulan bhakti Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Menurut dia, vaksinasi rabies ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kasus penyakit rabies pada hewan seperti anjing, kucing, kera serta membentuk kekebalan pada hewan tersebut.

"Kegiatan vaksinasi rabies masih dilanjutkan oleh 12 Tim UPT Puskeswan (Pusat Kesehatan Hewan) se-Lampung Selatan sesuai dengan ketersediaan vaksin rabies," katanya.

Ia juga menjelaskan, saat ini Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Lampung Selatan sudah memiliki mobil yang disebut MisTer WaYang (Mobil Sahabat Ternak dan Hewan Kesayangan).

"Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Lampung Selatan melalui inovasi MisTer WaYang telah melaksanakan vaksinasi rabies di 17 kecamatan bersamaan dengan kegiatan jalan sehat wisata gembira yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata," ujarnya.

Oleh karena itu, ia meminta kepada warga setempat agar dapat memberikan vaksin rabies kepada hewan peliharaan.

Penyakit rabies adalah penyakit yang disebabkan oleh virus, dapat menyerang hewan berdarah panas dan manusia.

Virus rabies yang ditularkan binatang seperti anjing, kucing, dan kera yang terinfeksi virus itu kepada manusia bisa menyebabkan kematian, sehingga warga diminta untuk selalu waspada agar tidak menjadi korban.

Baca juga: Oknum kepala sekolah di Lamsel intimidasi sejumlah pelajar

Baca juga: Dankarmat berhasil padamkan kebakaran sekolah di Tegineneng Pesawaran

Baca juga: Polres Lampung Selatan periksa tujuh saksi kasus perundungan di SMA