Lapas Metro bagikan masker dan hand sanitizer kepada pengendara

id COVID19

Lapas Metro bagikan masker dan hand sanitizer kepada pengendara

Kalapas Metro, Ade Kusmanto membagikan masker dan handsanitizer kepada petugas medis di Puskesmas Iringmulyo, Metro Timur. (Antaralampung.com/Hendra Kurniawan)

Metro (ANTARA) - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Metro membagikan masker, hand sanitizer dan juga puding jahe kepada petugas medis di Puskesmas Iringmulyo dan masyarakat sekitar lapas tersebut. 

"Kegiatan baksos ini dalam rangka peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke - 56. Kami bersama dengan Bapas dan Rupbasan Metro membagikan masker, hand sanitizer, vitamin dan puding jahe kepada pengendara dan petugas medis di Puskesmas Iringmulyo," kata Kalapas Metro, Ade Kusmanto, Kamis. 

Dikatakannya, ratusan masker dan olahan makanan berupa puding jahe yang dibagikan merupakan hasil dari karya warga binaan di lapas tersebut. 

"Pandemik global virus COVID-19 ini mendorong kepedulian warga binaan di Lapas Metro untuk peduli sosial. Meskipun mereka sedang menjalani pidana, tapi tidak menghilangkan rasa kepedulian sosialnya," katanya lagi. 

Menurutnya, kegiatan bakti sosial ini diharapkan memberikan semangat kepada petugas medis khususnya di Puskesmas Iringmulyo dan juga masyarakat Kota Metro untuk bersama-sama melawan virus COVID 19. 

Sementara itu, untuk mencegah masuknya virus COVID-19, Lapas Kelas IIA Metro meniadakan kunjungan fisik kepada narapidana dan digantikan dengan kunjungan online melalui video call. 

"Kami juga memfasilitasi persidangan  secara teleconference dan mewajibkan siapapun masuk lapas menggunakan masker serta diukur suhu tubuhnya," terangnya.

Ade menambahkan, Lapas Metro juga menyediakan satu ruang khusus untuk mengisolasi warga binaan jika ada yang terpapar virus COVID 19.