Lampung Timur miliki tempat wisata alami Sumur Tujuh

id Wisata sumur tujuh, pesona indonesia,Lampung timur, lampung

Lampung Timur miliki tempat wisata alami Sumur Tujuh

Objek wisata Sumur Tujuh di Desa Sukaraja, Kecamatan Marga Tiga, Kabupaten Lampung Timur. (ANTARA/Dinas Pariwisata Lampung Timur)

"Inisiatif masyarakat, tempatnya diperindah oleh warga sebagai objek wisata dan sekarang sudah banyak orang dari luar desa yang datang berkunjung," ujar Adiyanto lagi.
Lampung Timur (ANTARA) - Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung memiliki tempat wisata alami Sumur Tujuh yang dapat menjadi pilihan untuk berwisata keluarga.

Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran  Dinas Pariwisata Lampung Timur Adiyanto, di Lampung Timur, Minggu, menyebutkan objek wisata Sumur Tujuh itu terletak di Desa Sukaraja, Kecamatan Marga Tiga.

Adiyanto menjelaskan,  disebut Sumur Tujuh karena memiliki tujuh mata air dengan secara alami airnya keluar dari dalam bumi dan selama ini airnya tidak pernah kering kendati musim kemarau.

Air dalam Sumur Tujuh ini jernih dan terasa dingin.

Menurut riwayat, Sumur Tujuh ini keberadaannya sudah ada lama, sejak manusia saat itu belum mengenal agama.

Oleh manusia pendahulunya, Sumur Tujuh disakralkan dan dipercaya bisa membuat awet muda. "Katanya dulu, pada zaman itu, Sumur Tujuh ini tempat suci," ujar Adiyanto.

Setelah menyadari Sumur Tujuh punya daya tarik, warga dan Pemerintah Desa Sukaraja kemudian mengembangkannya sebagai objek wisata desa.

Pengembangannya dimulai tahun 2017 dengan mempercantik tempatnya dan menyediakan sarana prasarana buat pengunjung.

"Inisiatif masyarakat, tempatnya diperindah oleh warga sebagai objek wisata dan sekarang sudah banyak orang dari luar desa  yang datang berkunjung," ujar Adiyanto lagi.

Meskipun objek wisata Sumur Tujuh mulai ramai dikunjungi, Dinas Pariwisata Lampung Timur belum berencana mengembangkannya secara maksimal karena masih fokus pada tiga tempat wisata andalan sudah dikembangkan sebelumnya, yakni Pantai Kerang Mas di Desa Muara Gading Mas, Taman Nasional Way Kambas, dan Taman Purbakala Pugung Raharjo.

"Mungkin pengembangannya pada SDM-nya seperti pembinaan, kalau sarana dan prasarana belum bisa karena Dinas Pariwisata masih fokus pengembangan tiga objek wisata itu tadi," katanya pula.

Objek wisata alam lainnya yang ada di Lampung Timur terdapat di Desa Maringgai, masuk wilayah Kecamatan Labuhan Maringgai.

Wisata alam di Maringgai ini namanya Pemandian Ratu, seperti kolam dan menjadi tempat pemandian warga. 

Sumber airnya dari tujuh mata air yang keluar dari perut bumi dan tidak pernah berhenti mengalir.

Airnya pun dimanfaatkan sebagai sumber air minum warga sekitar dan dikelola oleh perusahaan air minum.

Namun, tempat ini belum dikelola maksimal oleh pemerintah desa setempat.