Realisasi Pendapatan Way Kambas Capai 300 Persen

id kepala tnwk, subakir, gajah jinak fwk 2017

Realisasi Pendapatan Way Kambas Capai 300 Persen

Pengunjung antusian menyaksikan gajah jinak pada Festival Way Kambas (FWK) tahun 2017 di Taman Nasional Way Kambas, Lampung Timur (Foto: Antaralampung.com/Muklasin)

...Ini berkat dukungan yang mesra antara TNWK dengan Pemkab Lampung Timur dan Pemprov Lampung, kata Subakir...
Lampung Timur  (ANTARA LAMPUNG) - Realisasi pendapatan berupa Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Balai Taman Nasional Way Kambas dari kunjungan wisatawan hingga awal November 2017 mencapai 300 persen dari target yang ditetapkan sebesar Rp250 juta.

"Pendapatan dari kunjungan wisatawan meningkat setelah digelar Festival Way Kambas Ke-16 Tahun 2016," kata Kepala Balai Taman Nasional Way Kambas (TNWK), Ir Subakir di Lampung Timur, Kamis (16/11).

Subakir menyebutkan target PNBP Balai TNWK yang ditetapkan oleh Kementerian Keuangan sebesar Rp250 juta setahun, namun hingga awal November 2017 TNWK mencatat PNBP-nya Rp700 juta.

"Pada Tahun baru kemarin setelah Festival Way Kambas 2016, pendapatan dari PNBP kita dapat Rp100 juta sehari. Target PNBP yang ditetapkan pemerintah pusat ke kita sebesar Rp250 juta setahun, tahun 2017 ini kita dapat Rp700 juta," ujar Subakir.

Dia menyatakan faktor penunjang keberhasilan pencapaian pendapatan itu adalah bartambahnya sarana dan prasarana wisata bagi wisatawan di kawasan Pusat Konservasi Gajah Way Kambas yang dibangun Pemkab Lampung Timur seperti sarana MCK, kios-kios pedagang, area bermain anak, trek pejalan kaki untuk melindungi pengunjung dari terik matahari dan beberapa gazebo tempat bersantai keluarga.

Pemprov Lampung juga melakukan perbaikan infrastruktur jalan yang sekarang tengah dikerjakan.

"Ini berkat dukungan yang mesra antara TNWK dengan Pemkab Lampung Timur dan Pemprov Lampung," kata mantan Kepala Balai Konservasi Sumberdaya Alam Lampung pula.

Festival Wisata Way Kambas 2017 digelar selama tiga hari mulai Sabtu (11/11) hingga Senin (13/11), dengan 20 rangkaian acara digelar selama pelaksanaan festival wisata di kawasan konservasi tersebut untuk menyemarakkan dan menyedot kunjungan wisatawan ke Lampung Timur.

Sejumlah acara yang digelar itu adalah parade budaya yang menampilkan pakaian adat Lampung dan sejumlah pakaian adat daerah lainnya, parade 17 ekor gajah jinak Way Kambas, jejak petualang Way Kambas, Way Kambas agroekspo, forest photography, jalan-jalan 4X4, kemah wisata, fashion show, dan wisata kuliner.

Rangkaian kegiatan pada hari kedua, Minggu (12/11) fun bike 10 K, lari maraton 10 kilometer, lomba kreasi suvenir, sketsa mural, pagelaran musik, Way Kambas adventure trail dan moccaf colour fun.

Hari ketiga sekaligus penutupan Festival Wisata Kambas ke-17 rangkaian acaranya adalah persembahan tari kolosal Bedana oleh 1.200 pelajar se-Kabupaten Lampung Timur. Mereka menari bersama disaksikan ribuan pengunjung yang datang ke TNWK.

Lalu, pagelaran musik, Way Kambas Idol, Festival Buah Nusantara, dan Parade Motor Antik. Terakhir dilangsungkan pula pembagian hadiah kepada para pemenang lomba rangkaian acara Festival Way Kambas 2017 tersebut.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Lampung Timur menyampaikan selama pelaksanaan Festival Way Kambas 2017 total kunjungan wisatawan baik lokal dan asing sebanyak 129. 921 orang dari target yang diperkirakan 120 ribu kunjungan.

Penyerapan pedagang sebanyak 621 pedagang dan menyerap tenaga kerja 526 orang.

(ANTARA)