Megawati saksikan peluncuran IUMK di Kudus

id megawati sukarno putri

Megawati saksikan peluncuran IUMK di Kudus

Megawati Soekarnoputri (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Kudus, Jawa Tengah (ANTARA Lampung) - Mantan Presiden RI Megawati Soekarnoputri ikut menyaksikan peluncuran izin usaha mikro dan kecil (IUMK) di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, sebagai tanda legalitas pelaku UMK di daerah setempat, Sabtu.

Peluncuran IUMK yang berlangsung di Pendopo Kabupaten Kudus tersebut, dihadiri pula Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga serta sejumlah jajaran Kemenkop UKM, SKPD di Kudus, serta PT Jamkrindo.

Menkop dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga secara simbolis menyerahkan IUKM kepada pelaku usaha di Kudus, kemudian menyerahkan pula kartu kredit usaha produktif (KUP) serta izin hak paten kepada pelaku usaha setempat.

Bupati Kudus Musthofa sebelum penyerahan IUKM, KUP serta izin hak cipta memang meminta Mantan Presiden Megawati Soekarnoputri untuk ikut menyaksikan penyerahan tersebut, termasuk soal program KUP yang sudah berjalan sejak Maret 2015.

Pada kesempatan tersebut, Megawati juga ikut melihat produk unggulan di Kudus, mulai dari aneka kuliner yang dibuat oleh pelajar SMK Kudus, batik tulis, desain busana muslim, hingga jenang yang merupakan makanan khas setempat.

Deputi Menteri Bidang Pengembangan dan Restrukturisasi Usaha Kementerian Koperasi dan UKM RI Braman Setyo yang ikut mendampingi Menkop dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga menjelaskan, bahwa IUMK tersebut bertujuan membantu pelaku usaha kecil karena tanda legalitas pelaku UMK cukup sederhana.

Selain itu, kata dia, IUMK tersebut juga akan memberikan kepastian usaha, kemudahan pendampingan dari pemerintah, kemudahan akses pembiayaan dan pemberdayaan yang bisa dilakukan oleh pemerintah kabupaten, provinsi hingga pusat.

Untuk tingkat Jateng, kata dia, Kudus merupakan kabupaten/kota yang ke-19 yang mendukung program IUMK yang ditandai dengan munculnya Perbub IUMK.

Ia berharap, semua daerah mengikuti jejak Kudus serta daerah lain, mengingat hal itu sebagai tindak lanjut atas Perpres Nomor 98/2014 tentang Perizinan Untuk Usaha Mikro dan Kecil.

Sekretaris Daerah Kudus Noor Yasin mengungkapkan, kunjungan Megawati ingin melihat program yang terlaksana di Kudus, salah satunya KUP.

"Jika sebelumnya mengetahui lewat pemaparan Bupati Kudus Musthofa, saat ini melihat langsung di Kudus," ujarnya.

Sebelumnya, kata dia, kunjungan Mantan Presiden RI tersebut terlebih dahulu berkunjung ke PT Pura Group Kudus.

Bupati Kudus Musthofa merupakan kader PDI Perjuangan yang saat ini menjabat sebagai Ketua Dewan Pengurus Cabang PDIP Kudus yang memimpin Kudus hingga memasuki periode kedua.