Pengendara kendaraan harus waspada lintasi Jalinsum banyak jalan bergelombang

id Jalinsum,P4amudik,Pra Mudik,Sukarno Hatta

Pengendara kendaraan harus waspada lintasi Jalinsum banyak jalan bergelombang

Kondisi Jalan Lintas Sumatra (Jalinsum) Ruas Sokarno-Hatta, Kota Bandarlampung. Sabtu, (9/4/2022). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - Pengendara kendaraan yang melintasi Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) harus lebih waspada lagi dalam mengendarai mobil atau motornya sebab sejumlah ruas jalan banyak yang bergelombang khususnya di Jalan Sukarno-Hatta, Bandarlampung.

"Ya kalau kita lihat dari dulu untuk Jalinsum memang banyak yang kurang baik ruas jalannya," kata salah seorang Warga Bandarlampung, Uus, di Bandarlampung, Sabtu.

Menurutnya, ruas jalan di Jalinsum yang tepatnya Jalan Sukarno-Hatta, Kota Bandarlampung banyak bergelombang terutama di daerah Campang Raya hingga Lapangan Baruna Panjang.

"Ya hampir tiap hari antar jemput istri bekerja ke daerah Panjang, jadi tua kondisinya. Kalau kita bawa motor ya harus waspada saja, karena kan jalannya ada yang bagus tapi tiba-tiba jelek terus bergelombang," kata dia.

Namun begitu, lanjut dia, kondisi jalan Jalinsum Sukarno Hatta, saat ini sudah termasuk cukup baik jika dibandingkan beberapa tahun silam yang mayoritas ruas jalan dalam kondisi buruk.

"Mendingan lah sekarang, apalagi kan sejumlah ruas Jalinsum sudah ada yang memakai rigid beton juga," kata dia.

Berdasarkan pantauan di Jalinsum yang dimulai dari Rumah Sakit Immanuel Bandarlampung hingga Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan. Kondisi jalan yang terlihat bergelombang berada di KM 6 hingga KM 10 Bandarlampung, namun tidak keseluruhan karana masih terdapat jalan yang bagus.

Setelah melewati tugu perbatasan antara Kota Bandarlampung dan Kabupaten Lampung Selatan yang berada Tarahan, ruas Jalinsum lebih baik dan hampir tidak ada jalan yang bergelombang, namun pengendara juga harus hati-hati karena daerah banyak keluar masuk mobil besar ke area pabrik.

Jalan mulai bergelombang saat memasuki daerah Sebalang yang menanjak dan menikung di sini pengendara juga harus lebih hati-hati karena memang kerap terjadi kecelakaan di area ini.

Kemudian, setelah melewati daerah itu, secara keseluruhan aspal jalan hingga menuju pelabuhan Bakauheni terlihat baik dan sejumlah ruas jalan juga diperbaiki dengan tambal sulam.

Meskipun memang ada jalan berlubang namun telah ditandai dengan garis putih oleh instansi terkait untuk segera diperbaiki. Sementara itu di area jalan masuk ke pintu Pelabuhan Bakauheni pun terlihat alat berat dan sejumlah petugas sedang membenahi jalan-jalan yang terlihat bergelombang.