Bir Oplosan di Mozambik Makan Korban 69 Orang

id Korban Bir Oplosan di Mozambik

Maputo (ANTARA Lampung/Reuters) - Sedikitnya 69 orang meninggal pada akhir pekan lalu di Mozambik setelah meminum bir oplosan, kata seorang pejabat pemerintah kepada televisi negara.

Keracunan massal itu terjadi ketika orang-orang yang menghadiri upacara penguburan Jumat di desa Chitima di bagian tengah Mozambik jatuh sakit, dengan tujuh orang dinyatakan meninggal pada Sabtu pagi.

"Ketika kami ingin menentukan sebab-sebab kematian orang-orang itu kami mulai menerima banyak orang yang terkena diare dan sakit pada otot. Setelah itu kami mulai menerima jasad-jasad dari beberapa daerah sekitar," kata Paula Bernardo, direktur distrik untuk urusan kesehatan, wanita dan aksi sosial, kepada stasiun televisi negara itu.

Ia mengatakan, sedikitnya 169 orang masih mendapat perawatan. Contoh-contoh minuman oplosan dan benda-benda mencurigakan yang ditemukan di dalam drum telah dikirim ke Laboratorium Nasional di Maputo, ibu kota Mozambik, untuk diperiksa.

Minuman yang berbahan dasar dari jagung, gandum dan bahan-bahan sejenisnya biasa dikonsumsi di banyak bagian Afrika dan penguburan-penguburan di benua itu sering disertai dengan acara minum-minum dan makan.

Armando Guebusa, presiden yang tak lagi berkuasa, menyatakan tiga hari berkabung nasional.