Dinkes Pringsewu Ingatkan Warga Waspadai Musim Pancaroba

id dbd, nyamuk, jentik, pringsewu

masyarakat harus terbiasa menjaga kebersihan lingkungan"
Pringsewu, (ANTARA LAMPUNG) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung meminta masyarakat untuk waspada terhadap musim pancaroba karena biasanya timbul banyak penyakit.

"Masayarakat harus tetap menjaga kebersihan lingkungan karena penyakit demam berdarah biasanya selalu meningkat pada pergantian musim terutama ke musim hujan," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pringsewu, dr Endang Budiati, di Pringsewu.

Menurutnya, setiap tahun memasuki musim penghujan masyarakat selalu dikhawatirkan dengan wabah penyakit demam berdarah dengue (DBD), sebab penyakit itu memang diakibatkan oleh gigitan nyamuk.

Untuk mengantisipasi terjangkitnya penyakit tersebut, ia mengatakan,  masyarakat harus terbiasa menjaga kebersihan lingkungan, pemberantasan sarang nyamuk, menutup dan menguras genangan air yang menyebabkan tumbuhnya jentik atau sarang nyamuk.

Ia menyebutkan, setiap tiga bulan sekali dinas kesehatan sebenarnya sudah memberikan penyuluhan dengan menyarankan kepada masyarakat agar selalu membersihkan  sarang nyamuk yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggal mereka.

"Perintah itu sudah disampaikan di setiap puskesmas dan seterusnya disampaikan kepada masyarakat," ujarnya menjelaskan. (ANTARA)