Wagub Lampung Sambut Kedatangan Jemaah Haji

id Wagub Lampung Sambut Jemaah Haji, Kloter, Joko Umar Said, Makkah, Arab Saudi, Kemenag, Estutiningsih, Cengkareng

 Wagub Lampung Sambut Kedatangan Jemaah Haji

Foto Dokumentasi suasana Jemaah Haji asal Provinsi Lampung yang akan naik pesawat meningalkan Saudi Arabia menuju ke Tanah Air Indonesia. (Foto Dok.ANTARA/M.Tohamaksun).

Jamaah haji Lampung yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 11 dijadwalkan tiba di Tanah Air sekitar pukul 12.30 WIB."
Bandarlampung (ANTARA LAMPUNG) - Wakil Gubernur (Wagub) Lampung MS Joko Umar Said, dijadwalkan akan menyambut kedatangan jamaah haji daerah setempat yang akan tiba di Indonesia pada Sabtu (19/11).

"Rencana awalnya gubernur Lampung yang akan menyambut, tetapi karena kesibukannya, penyambutan diganti wagub Lampung," kata Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Lampung, Istutiningsih, di Bandarlampung, Jumat.

Ia menjelaskan, jamaah haji Lampung yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 11 dijadwalkan tiba di Tanah Air sekitar pukul 12.30 WIB.

Wakil gubernur Lampung menurut dia, akan menjemput jemaah haji di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng.

Menurutnya, jamaah haji Lampung itu berangkat dari Jeddah Arab Saudi pada Jumat (18/11) sekitar pukul 22.30 WAS, dan dijadwalkan tiba sekitar pukul 12.30 WIB.

Kemudian lanjutnya, jamaah haji itu setelah istirahat selama dua jam akan kembali diterbangkan menuju Bandara Raden Inten Beranti, Kabupaten Lampung Selatan, dan dijadwalkan tiba sekitar pukul 15.30 WIB.

Ia menyebutkan, jamaah haji setelah tiba di Lampung nantinya langsung ke tempat transit, yakni debarkasi antara Asrama Haji Rajabasa Bandarlampung.

"Segala persiapan untuk penyambutan serta pelayanan jamaah haji telah dilakukan sehingga jamaah haji itu nyaman," kata dia.

Bagi pihak keluarga khususnya yang berasal dari Bandarlampung dapat menjemput jemaah haji di Asrama Haji Rajabasa Bandarlampung.

Istutiningsih menjelaskan, khusus untuk jamaah haji asal kabupaten/kota di Lampung, pihak Kemenag setempat telah menyiapkan bus-bus untuk mengantar jamaah ke daerahnya masing-masing.

Terkait kondisi terkini jamaah haji asal Lampung, dia menjelaskan pula bahwa berdasarkan informasi dari petugas haji saat ini kondisinya cukup baik.

Namun, kata dia, berdasarkan informasi, ada beberapa jamaah haji Lampung yang menderita sakit tetapi tidak serius, seperti sakit flu dan batuk akibat pengaruh cuaca.

Sementara jamaah haji asal Provinsi Lampung yang meninggal di Tanah Suci Makkah tahun ini sebanyak 12 orang.

Jumlah jamaah haji Lampung pada musim haji 1432 Hijriah/2011 M sebanyak 6.230 orang. (ANTARA).