Sempurnakan kurikulum, Prodi Teknik Lingkungan Itera gelar diskusi bersama mitra

id lampung, itera, institut teknologi sumatera, kampus

Sempurnakan kurikulum, Prodi Teknik Lingkungan Itera gelar diskusi bersama mitra

Sempurnakan Kurikulum, Prodi Teknik Lingkungan Itera gelar diskusi bersama mitra (ANTARA/HO-Itera)

Bandarlampung (ANTARA) - Program Studi Teknik Lingkungan (PSTL) Institut Teknologi Sumatera (Itera) mengadakan Diskusi Kelompok Terpumpun Internal dan Eksternal di Hotel Batiqa, Bandar Lampung, Kamis, (10/10) untuk menyusun dan menyempurnakan kurikulum baru pada tahun 2025.

Diskusi tersebut dihadiri oleh perwakilan dari Program Studi Teknik Lingkungan ITB, Universitas Andalas, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Lampung, serta berbagai institusi seperti PT Bangunan Cipta Lestari Kreasindo, Balai Prasarana Permukiman Wilayah Lampung, dan Ikatan Ahli Teknik Penyehatan dan Teknik Lingkungan Indonesia (IATPI).

Selain itu, hadir pula perwakilan Fakultas Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan (FTIK) Itera, dan beberapa prodi, serta mitra industri seperti Patra Jasa dan PT Indo Mitra Sekawan.

Kegiatan diawali dengan sambutan dari Koordinator PSTL Itera, Aulia Annas Mufti, S.T., M.Eng., dan perwakilan FTIK, Meraty Ramadhini, S.ST., M.T. Mahasiswi PSTL, Emilia Rani, bertindak sebagai moderator selama kegiatan berlangsung.

Koordinator Kurikulum PSTL Itera, Nabila Putriyandri Alifa, S.T., M.Sc., menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk mengumpulkan masukan dan saran dari berbagai pihak, baik internal maupun eksternal, sebagai bahan pertimbangan dalam penyempurnaan kurikulum.

Kurikulum baru ini diharapkan mampu menyesuaikan dengan kebutuhan industri dan dunia kerja sehingga lulusan Teknik Lingkungan Itera siap menghadapi tantangan profesional.

Dengan adanya diskusi ini, PSTL Itera berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan agar sejalan dengan perkembangan teknologi dan inovasi di bidang lingkungan.

Dalam kesempatan tersebut, Nabila juga menyampaikan materi terkait kondisi kurikulum saat ini dan rancangan kurikulum baru yang akan diberlakukan. Beberapa perubahan mencakup nama dan posisi mata kuliah di setiap semester, serta penambahan mata kuliah baru untuk memperkuat kompetensi lulusan.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan diskusi teknis yang berlangsung dalam beberapa sesi diskusi. Sesi diskusi tersebut membahas kekhasan program studi, profil lulusan, visi keilmuan, capaian pembelajaran lulusan, struktur kurikulum, serta capstone. Sesi diskusi diakhiri dengan penandatanganan berita acara diskusi dan inisiasi dewan penasihat PSTL Itera 

Baca juga: Itera sosialisasikan bahaya perilaku seksual menyimpang kepada pelajar

Baca juga: Mahasiswa SAP Itera belajar kesiapsiagaan bencana hingga teknologi satelit

Baca juga: Dosen Itera terapkan IoT tingkatkan produktivitas tambak udang di Pringsewu