Mahasiswa SAP Itera belajar kesiapsiagaan bencana hingga teknologi satelit

id lampung, itera, institut teknologi sumatera, kampus

Mahasiswa SAP Itera belajar kesiapsiagaan bencana hingga teknologi satelit

Mahasiswa SAP Itera belajar kesiapsiagaan bencana hingga teknologi satelit telekomunikasi (ANTARA/HO-Itera)

Bandarlampung (ANTARA) - Mahasiswa Program Studi Sains Atmosfer dan Keplanetan (SAP) Institut Teknologi Sumatera (Itera) menggelar kunjungan industri ke PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) beberapa waktu lalu.

Dalam kesempatan di BNPB, mahasiswa Itera belajar kesiapsiagaan bencana, sedangkan di PT PSN mahasiswa mengikuti seminar mengenai teknologi satelit telekomunikasi.

Kegiatan ini melibatkan 29 mahasiswa angkatan 2021 dan 2022, didampingi empat dosen serta satu tenaga kependidikan. Kunjungan industri ini bertujuan memperkenalkan mahasiswa pada dunia kerja di sektor kebencanaan, teknologi satelit, dan telekomunikasi.

Selain memberikan wawasan praktis, kegiatan ini diharapkan menciptakan sinergi antara akademisi dan industri guna mempersiapkan generasi muda yang kompeten dan siap menghadapi tantangan global.

Kunjungan ke BNPB diawali dengan seminar terkait kesiapsiagaan bencana. Mahasiswa mendapatkan penjelasan mengenai berbagai jenis bencana yang sering terjadi di Indonesia, langkah-langkah keselamatan, serta pemanfaatan platform InaRISK untuk memantau potensi bencana di berbagai wilayah Indonesia.

Kemudian, peserta mengunjungi miniatur dan ilustrasi penanggulangan bencana di kantor BNPB, memberikan pemahaman lebih mendalam tentang mekanisme dan strategi mitigasi bencana.

Di PSN, mahasiswa mengikuti seminar mengenai teknologi satelit telekomunikasi yang dimiliki perusahaan tersebut. PSN, yang telah meluncurkan satelit Nusantara Satu (2009), Nusantara 3/SATRIA 1 (2023), dan tengah mempersiapkan peluncuran satelit Nusantara Lima, memberikan wawasan terkait inovasi satelit di Indonesia.

Selain seminar, para mahasiswa diajak mengunjungi ruang kendali yang memantau kondisi telekomunikasi nasional dan melihat radar pendukung komunikasi satelit di wilayah Indonesia Timur. Kegiatan di PSN diakhiri dengan sesi pelatihan pembuatan CV berkualitas, guna mempersiapkan mahasiswa menghadapi dunia kerja.

Koordinator Prodi SAP Itera, Hendra Agus Prastyo, M.Si., mengharapkan kegiatan ini dapat memperluas wawasan dan memperkaya pengalaman mahasiswa dalam memahami tantangan di dunia kerja, khususnya di bidang kebencanaan dan teknologi satelit.

Prodi SAP Itera menyampaikan terima kasih kepada PSN dan BNPB atas sambutan hangat dan kesempatan berharga yang diberikan. Prodi SAP berkomitmen untuk terus melaksanakan kunjungan industri serupa setiap tahun sebagai upaya mempersiapkan mahasiswa menjadi lulusan yang kompetitif dan siap bersaing di tingkat global. 

Baca juga: Dosen Itera terapkan IoT tingkatkan produktivitas tambak udang di Pringsewu

Baca juga: Pj Gubernur Lampung luncurkan population clock di Itera dukung penurunan stunting

Baca juga: Itera dan PT Bisa AI gelar kompetisi nasional kecerdasan buatan