Wahdi lepas atlet Kota Metro ke PON XXI Aceh-Sumut

id Ponxxi,Wahdi,Metro,pon lampung

Wahdi lepas atlet Kota Metro ke PON XXI Aceh-Sumut

Wali Kota Metro Wahdi Siradjuddin dan Wakil Wali Kota Qomaru Zaman beserta Ketua KONI foto bersama para atlet Bumi Sai Wawai yang akan bertanding di PON XXI Aceh-Sumut. ANTARA/Hendra Kurniawan

Tentu, yang saya harapkan para atlet ini bisa membawa harum Bumi Sai Wawai dan bisa meraih prestasi setinggi-tingginya.
Metro (ANTARA) - Sebanyak 34 atlet, tiga pelatih, dan satu wasit asal Kota Metro, Lampung, yang akan bertanding di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh-Sumatera Utara (Sumut) tahun 2024 dilepas oleh Wali Kota Wahdi Siradjuddin, di Metro, Senin. 

"Pada hari ini kita selain mengadakan upacara mingguan tentu juga melepaskan para atlet PON XXI yang nantinya siap bertanding di Sumut dan Aceh. Alhamdulillah, di tahun ini ada 34 atlet dari delapam cabang olahraga kita yang masuk dalam kontingen Provinsi Lampung," kata Wahdi usai pelepasan. 

Dia berharap, atlet yang dikirimkan tahun ini bisa membawa harum nama Kota Metro dan bisa menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas dalam bertanding. 

"Tentu, yang saya harapkan para atlet ini bisa membawa harum Bumi Sai Wawai dan bisa meraih prestasi setinggi-tingginya. Termasuk juga, atlet kita ini atlet pilihan yang telah mewakili Provinsi Lampung," katanya pula. 

Sedangkan untuk target medali emas, Wahdi berharap pada cabang olahraga judo yang memang para atletnya merupakan atlet nasional. 

"Nah, untuk judo ini bisa ditargetkan meraih empat medali emas. Karena memang atlet judo Metro ini sangat luar biasa," ujarnya lagi. 

"Pemerintah juga, terus berupaya untuk memberikan apresiasi, tentu sesuai dengan kemampuan. Kemudian, ada dunia usaha dan forum CSR yang siap berkolaborasi memikirkan prestasi anak bangsa," ujarnya lagi.

Dia berpesan para atlet Kota Metro tetap menjunjung tinggi sportivitas dan fair play. Kemudian juga tetap menjaga kesehatan agar bisa bertanding dengan baik dan meraih hasil yang maksimal. 

"Jaga nama baik Lampung dan Kota Metro serta tunjukkan semangat, sportivitas, dan fair play yang tinggi. Jaga kesehatan dan juga minta doa restu orangtua. Terima kasih kepada jajaran pelatih atas dedikasi dalam mempersiapkan atlet-atlet untuk terus berprestasi," katanya lagi. 

Ketua KONI Kota Metro Ampian Bustami mengatakan, selain memberangkatkan atlet dari delapan cabang olahraga, pihaknya juga memberangkatkan pelatih serta wasit yang siap bersinergi di PON XXI.

"Jadi, ada delapan cabang olahraga, mulai dari panahan, judo, baseball dan softball, pencak silat, karate, hoki putri, bulutangkis, dan tinju. Selain 34 atlet, juga ada 6 pelatih dan satu wasit," kata dia. 

Dia menyebut, untuk target dioptimalkan pada cabang olahraga judo. Kemudian seperti, panahan, karate dan hoki putri bisa menyumbangkan medali emas juga. 
 
"Kami dari cabang olahraga menargetkan satu per satu bisa meraih medali emas ya. Mudah-mudahan judo bisa lebih karena kita berangkatkan 5 atlet sekaligus. Nah, untuk bonus langsung dari Provinsi Lampung, ketika mendapat emas akan diberikan bonus sebesar Rp300 juta per medali emas," katanya lagi.
Baca juga: 16 provinsi termasuk Lampung perebutkan tujuh medali emas woodball pada PON XXI di Aceh
Baca juga: Tim bisbol Banten menang tipis atas Lampung 16-14 pada laga pembuka PON XXI