Berhasil turunkan kasus stunting, Pemkot Metro peroleh penghargaan

id Stunting,pemkot metro

Berhasil turunkan kasus stunting, Pemkot Metro peroleh penghargaan

Wali Kota Metro, Wahdi Siradjuddin. (ANTARA/Hendra Kurniawan)

Capaian dan penghargaan ini tentu berkat dukungan dari semua pihak, baik itu dari jajaran pemerintah daerah maupun lainnya
Metro (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Metro diganjar penghargaan sebagai kota terbaik pertama dalam penilaian kinerja delapan aksi konvergensi stunting tingkat Provinsi Lampung tahun 2024 atas keberhasilan menekan angka stunting.

Sebelumnya, angka stunting di Bumi Sai Wawai pada tahun 2019 sampai 2020 mencapai kisaran 25 persen, kini di tahun 2024 telah tercatat sebesar 7,1 persen.

Atas capaian ini, Wali Kota Metro, Wahdi Siradjuddin mengaku bangga dan berterimakasih kepada semua pihak baik itu jajaran OPD, para kader dan lainnya yang telah ikut berperan aktif menekan angka stunting di Bumi Sai Wawai.

"Capaian dan penghargaan ini tentu berkat dukungan dari semua pihak, baik itu dari jajaran pemerintah daerah maupun lainnya," ucapnya.

Dia menjelaskan komitmen Pemkot Metro untuk menekan angka stunting dimulai dari keluarga yang berkualitas dan mempersiapkan semua yang dimulai dari terbentuknya sel telur dan sperma.

"Ketika kita mempersiapkan remaja remaja kita dengan baik, ketika pra-kontrasepsinya dipersiapkan dengan baik, ketika wanita hamil dipersiapkan dengan baik, direncanakan dengan baik maka salah satu keluarga yang berkualitas adalah keluarga merencanakannya," ungkapnya.

"Kita ada 390 kader tim pendamping keluarga (TPK) yang tersebar diseluruh Kota Metro. Para kader ini akan terus melakukan pendataan, pengawasan hingga observasi untuk mendeteksi lebih awal tumbuh kembang balita yang ada di lingkungan masyarakat, agar dapat segera tertangani lebih cepat," imbuhnya.

Tak hanya itu, pemerintah melalui program inovasi Jaringan Masyarakat Peduli Anak dan Ibu (JAMAPAI) dan home care juga terus memantau ibu hamil di kota setempat untuk memastikan asupan gizi untuk ibu maupun bayi tercukupi. 

Kedepan, tambah Wahdi, pemerintah akan terus berupaya menekan angka stunting dan menciptakan masyarakat yang sehat dan sejahtera serta mewujudkan generasi emas Metro cemerlang (Gemerlang).

"Tentu prestasi ini akan menjadi motivasi kita untuk terus maju dalam upaya peningkatan kesejahteraan anak-anak dan keluarga serta mewujudkan Gemerlang," tandasnya. 

Baca juga: Pemkot Metro komitmen dampingi perempuan korban pelecehan dan kekerasan

Baca juga: Pemkot Metro raih peringkat 9 nasional dalam EPPD Kemendagri

Baca juga: Kurangi sampah, Pemkot Metro optimalkan PDU